Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Digital Melalui Pembuatan Blog dan Google Classroom di SDN Diwek 2 Jombang

Authors

  • Fitri Resti Wahyuniarti STKIP PGRI Jombang
  • Mindaudah STKIP PGRI Jombang
  • Muhammad Saibani Wiyanto STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.116

Keywords:

Blog, Google classroom, Innovative Learning Media,SDM

Abstract

Jombang  merupakan  kota  yang  memilik  keragaman SDM yang  memiliki  keunggulan  dalam  bidang  apapun,  khususnya dalam bidang pendidikan. Adapun prosedur rencana kegiatan yang akan diberikan meliputi: tahap observasi, tahap pelaksanaan (pelatihan keterampilan membuat blog sebagai media pembelajaran, pelatihan keterampilan membuat google classroom sebagai media pembelajaran), dan tahap  analisis  data  (menganalisis  data  yang diperoleh dari tahap pelaksanaan pelatihan). Hasil dari pelatihan berupa blog dan google classroom yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan materi dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Pelatihan membuat blog khususnya dalam mengembangkan SDM untuk membuat media pembelajaran berbasis IT, guru mampu membuat blog dengan kriteria blog yang baik dan benar yang ditunjukkan dengan bervariasinya isi blog dengan segala kemampuan guru yang dibuat sangat menarik. Kriteria tersebut meliputi: memperhatikan penggunaan bahasa, penggunaan gambar animasi, desain blog yang menarik, memunculkan produk yang ditawarkan, foto-foto kegiatan yang dilakukan, dan materi pembelajaran. Blog tersebut dibuat dengan memperhatikan kaidah berbahasa yang baik dan benar serta dengan gambar yang menunjang untuk menarik pembaca. Adapun langkah-langkah dalam pembuatan blog yaitu: menyalakan komputer/laptop, membuka google chrome, membuka blog, mendaftar blog, dan mengisi blog. Pelatihan membuat google classroom yang dimanfaatkan untuk media pembelajaran dalam pembelajaran di kelas yang melputi: materi, tugas, dan kelas.

References

Adawiah, R. (2021). Radiatul Adawiah Keefektifan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 167-172.

Adri, M. (2008). Guru Go Blog: Optimalisasi Blog Untuk Pembelajaran. Padang: Elex Media Komputindo.

Aryani, D., Malabay, M., Ariessanti, H. D., & Putra, S. D. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran Daring saat Pandemi COVID 19 di SMPIT Insan Rabbani. Jurnal Abdidas, 1(5), 373-378.

Budi, Hararjo. (2010). Tekhnologi Informasi. Yogyakarta: CV. Rahardi.

Fadhli, M., & Fadlilah, M. (2017). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Dan Blog Sebagai Sarana Publikasi Bustanul Athfal Kabupaten Ponroogo. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 18-24. Doi: 10.24269/adi.v1i2.611

Komariah, N. (2016). Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Al-Afkar: Manajemen pendidikan Islam, 5(1).

Masi, L., Sudia, M., Salim, S., Prajono, R., & Sarina, S. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi dalam pencegahan meluasnya wabah covid-19 di kalangan pelajar. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3).

Mubaroh, S., Fujiyanti, L., & Pratiwi, I. R. (2020). Pelatihan pembuatan blog sebagai media pembelajaran dan sarana literasi digital guru. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 6(2), 107-117.

Premana, A., Ubaedillah, U., & Pratiwi, D. I. (2021). Peran video blog sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 132-138.

Salim, S., Ikman, I., Suhar, S., Kodirun, K., Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Dalam Pembelajaran SMK. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 336-344.

Salim, S. (2017). Penggunaan E-Learning Edmodo Pada Mahasiswa Jurusan PGPAUD Universitas Halu Oleo. Jurnal Smart PAUD, 1(1), 26-32.

Sartono, S. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Sekolah. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 12(1), 102-134.

Septianti, D., & Frastuti, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Internet, Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Berwirausaha Online Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 130-138. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.871

Sudrajat, A., & Zulkarnain, Z. (2013). Pengembangan Media Blog Sejarah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas (Laporan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat). Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Wahyudi, N. (2014). Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran interaktif. Jurnal Studi Islam Panca Wahana, 12(10), 84-94.

Wulandari, R. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zhafiri, L., & Ekohariadi, E. (2021). Studi Literatur Efektifitas E-Learning melalui Edmodo dan Google Classroom dalam Pembelajaran di SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 564-572.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Wahyuniarti, F. R., Mindaudah, & Muhammad Saibani Wiyanto. (2023). Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Digital Melalui Pembuatan Blog dan Google Classroom di SDN Diwek 2 Jombang. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 42–52. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.116

Issue

Section

Articles

Categories