Pelatihan Model Pembelajaran Case Study dan Team Based Project Bagi Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Izlan Sentryo Universitas Halu Oleo
  • I Ketut Suardika Universitas Halu Oleo
  • Muh. Abbas Universitas Halu Oleo
  • La Ode Safiun Arihi Universitas Halu Oleo
  • Facharuddin Mustari Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Lidya Arisanti Universitas Halu Oleo
  • Hikmawati Universitas Halu Oleo
  • Iman Ashari Universitas Halu Oleo
  • Alimulya Rende Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.109

Keywords:

case study, model pembelajaran, pelatihan, team-based project

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi ilmiah dan pengetahuan kepada guru agar dapat mengembangkan pengetahuan dan guru dapat mengoptimalkan kemampuan dalam mendesain perangkat pembelajaran sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku dan guru dapat meningkatkan kemampuan menghasilkan karya pengembangan profesi. Pengabdian ini dilaksanakan di SD Negeri 100 Kendari. Kegiatan ini dilakukan diikuti oleh 20 orang guru. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan tiga tahap terdiri atas tahap persiapan, pelatihan, dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dikemas dengan menggunakan pendekatan pelatihan. Kegiatan dilakukan menggunakan metode ceramah, diskusi dan latihan. Dari hasil kegiatan pelatihan model pembelajaran case study dan team-based project bagi guru Sekolah Dasar (SD) di kota Kendari bagi guru SD di kota Kendari menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyakarat ini telah terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan tim pengabdian dan peserta. Persentase capaian pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah 89,35%.

References

Akhiruddin, Susilo, H., & Ibrohim. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Inkuiri Dipadu PjBL Berbahan Ajar Potensi Lokal Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 1(10), 1964–1968.

Annisa, M., Asrani, Salima, SR, Handayani, M, & Norhayati, L. (2023). Pelatihan Perancangan Pembelajaran Abad 21 Melalui Pembelajaran Terintegrasi STEM Bagi Guru Sekolah Dasar. J-ABDIPAMAS, 7(1), 197–206.

Astriani, L, Sundi, VH, Ismah, & Hasanah, T. (2023). Pengembangan Modul Bahan Ajar Aritmatika Sekolah Dasar Berbasis Case Method. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 679–688.

Boeriswati, E. (2021). Era Belajar Kampus Merdeka Merdeka Belajar. Lembaga Pengembangan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, April.

Chen, C. C., Shang, R. A., & Harris, A. (2006). The efficacy of case method teaching in an online asynchronous learning environment. International Journal of Distance Education Technologies, 4(2), 72–86. https://doi.org/10.4018/jdet.2006040106

Franco-Santos, M., & Gomez-Mejia, L. R. (2015). Team-based incentives: Creating a culture of collaboration, innovation, and performance. The Compensation Handbook, 6, 199–209.

Hasrina, N., Prasetyo, O., & Khalil, M. (2023). Sosialisasi Pedoman Pembelajaran Case Methode Pada Program Studi Pendidikan Jasmani. MUSYAWARAH: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Imaniar, N. thyareza. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Dalam Penerapan Project Based Learning Berbantuan Google Classroom Bagi Siswa. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Lubis, R., Habib, M., Sadri, M., Rambe, N., Mariana, W, Rambe, T, Novianti, Y, & Haryati. (2022). Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2176–2187.

Nazgul, K., Anar, B., Baglan, Z., Moldir, S., Nishanbayeva, S., & Sadvakasova, G. (2020). Preservice Teachers’ Opinions on the Use of Technology in Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(23), 182–192. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i23.18831

Nuraini, N. L. S., & Laksono, W. C. (2019). Motivasi Internal dan Eksternal Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 115–124. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p115

Purnomo, A., Adi, K. R., Ratnawati, I., & Rachmah, A. S. (2023). Pelatihan Case Method dan Team Based Project Guru IPS SMP Di Malang Raya Sebagai Solusi Mengatasi Demotivasi Siswa. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(4), 656–663.

Rahmi, Y. L., Yuniarti, E., Darussyamsu, R., & Fitri, R. (2022). Peningkatan Pengetahuan Guru IPA dan Biologi tentang Metode Pembelajaran Case method terintegrasi Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi Dan Sains, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.30998/jpmbio.v1i2.1030

Rosidah, CT, & Pramulia, P. (2021). Team Based Project dan Case Method Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 245–251. https://doi.org/10.30653/003.202172.196

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Lisenia. Jurnal Basicedu, 5(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Sunardi, & Hasanuddin. (2019). Pengembangan Employability Skill Mahasiswa Vokasi Melalui Pembelajaran Stem-Project Based Learning. SemanTECH, 3(4), 210–217.

Sunarya, D. T. & J. S. (2017). Penerapan Model Picture and Picture. Pena Ilmiah, 2(1), 71–80. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/950/871

Syam, S. (2022). Penerapan Case Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1397–1401. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3127

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). Bernie Trilling, Charles Fadel-21st Century Skills_ Learning for Life in Our Times -Jossey-Bass (2009). Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 243.

Usman Fauzan, A., & Aldila Afriansyah, E. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Izlan Sentryo, I Ketut Suardika, Muh. Abbas, La Ode Safiun Arihi, Facharuddin Mustari, Wa Ode Lidya Arisanti, Hikmawati, Iman Ashari, & Alimulya Rende. (2023). Pelatihan Model Pembelajaran Case Study dan Team Based Project Bagi Guru Sekolah Dasar. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 84–92. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.109

Issue

Section

Articles

Categories