Pelatihan Lesson Study Berbasis Sekolah Untuk Menciptakan Pembelajaran Berkualitas Di SMAN Kota Tasikmalaya

Authors

  • Samuel Agus Triyanto Universitas Siliwangi https://orcid.org/0000-0001-5114-8863
  • Suharsono Universitas Siliwangi
  • Egi Nuryadin Universitas Siliwangi
  • Setio Galih Marlyono Universitas Siliwangi
  • Dea Syntya Diningsih Universitas Siliwangi
  • Inka Fathunnisa Universitas Siliwangi
  • Isnandita Putri Reychan Universitas Siliwangi
  • Elis Nurhayati Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.108

Keywords:

Lesson Study, Sekolah Penggerak, IKM, Pelajar Pancasila

Abstract

The Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) menyatakan bahwa ada empat kompetensi yang selanjutnya disebut kompetensi transformatif, yaitu memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan, dan nilai-nilai. Kompetensi transformatif sangat mendukung visi pendidikan Indonesia. Katalis yang dibutuhkan untuk mewujudkan visi tersebut adalah dengan Sekolah Penggerak. SMAN 9 Tasikmalaya belum menjadi Sekolah Penggerak hingga program Sekolah Penggerak Angkatan 3 Tahun 2022. IKM Mandiri Belajar oleh SMAN 9 Tasikmalaya dapat didukung melalui kolaborasi dengan dosen LPTK. Dosen LPTK dapat berpartisipasi aktif dalam program Sekolah Penggerak melalui kolaborasi dengan guru di sekolah untuk melakukan akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Kolaborasi tersebut dapat memanfaatkan Lesson Study melalui kemitraan yang saling menguntungkan. Pelatihan Lesson Study berbasis sekolah di SMAN 9 Tasikmalaya ini bertujuan untuk mengakselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka melalui kemitraan dosen LTPK dengan guru di sekolah berbasis Lesson Study. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini yaitu workshop dengan tema pelatihan Lesson Study berbasis sekolah. Hasil dari pengabdian melalui kegiatan workshop ini diketahui bahwa Lesson Study bagi ketua MGMP semua mata pelajaran di SMAN 9 Tasikmalaya sangat setuju untuk dilaksanakannya kegiatan Lesson Study dan sangat setuju bahwa kolaborasi merupakan model peningkatan kompetensi dan menciptakan pembelajaran berkualitas. Artinya, dosen LPTK dan guru di SMAN 9 Tasikmalaya dapat membentuk komunitas belajar untuk mengakselerasi IKM dan mengembangkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

References

Andriani, D., Suprapto, P. K., & Triyanto, S. A. (2023). Pengaruh Media Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 16(1), 11. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v16i1.67434

Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 263–272. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1251

Elliott, J. (2019). What is Lesson Study? European Journal of Education, 54(2), 175–188. https://doi.org/10.1111/ejed.12339

Ernanda, M., Suharsono, S., & Triyanto, S. A. (2022). The Effect of Implementing Problem Based Learning in Lesson Study on Students Critical Thinking Skills. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 112–125. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v15i2.61383

Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Biologi Melalui Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Lesson Study di SMAN 1 Lembar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2), 54–59. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.355

Kemendikbudristek, D. D. (2021). Panduan Kemitraan Dosen LPTK dengan Guru di Sekolah. Dirjen Dikti.

Kemendikbukristek Republik Indonesia. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). In Https://Forlap.Ristekdikti.Go.Id. https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi/search

Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran, Menpendikbudristek 1 (2022). https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/pelaksanaan-keputusan-mendikbudristek-nomor-56-m-2022-tentang-pedoman-penerapan-kurikulum-dalam-rangka-pemulihan-pembelajaran/

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA. In OECD Publishing.

Peña Trapero, N. (2013). Lesson study and practical thinking: a case study in Spain. International Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 115–136. https://doi.org/10.1108/20468251311323379/FULL/PDF

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Sekolah Penggerak | Sekolah Penggerak. (2022). https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/

Sulaiman W., & Ismail, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Market Place Activity Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Aceh Tamiang). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 895–910. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4318

Susilo, H. (2013). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik. Seminar Dan Lokakarya PLEASE 2013 Di Sekolah Tinggi Theologi Aletheia Jalan Argopuro 28-34, 1–32.

Triyanto, S. A., & Prabowo, C. A. (2020). Efektivitas Blended-Problem Based Learning dengan Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Effectiveness of Blended-Problem Based Learning with Lesson Study toward Learning Outcomes. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 42–48. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v13i1.37960

Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792

Vermunt, J. D., Vrikki, M., van Halem, N., Warwick, P., & ... (2019). The impact of Lesson Study professional development on the quality of teacher learning. Teaching and Teacher …. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0742051X18312101

Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Video dan Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(1), 29–41.

Wahidin, Nana, Sujarwanto, E., & Triyanto, S. A. (2023). The Effectiveness of the POE2WE Model in Developing Student Character to Face the Challenges of the 21st Century. International Journal of Science and Society, 5(2), 101–115. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v5i2.673

World Economic Forum. (2015). New Vision for Education: Unlocking The Potential of The Smart Grid. http://www3.weforum.org/docs/WEFUSA_NewVisionforEducation_Report2015.pdf

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Agus Triyanto, S., Suharsono, Egi Nuryadin, Setio Galih Marlyono, Dea Syntya Diningsih, Inka Fathunnisa, Isnandita Putri Reychan, & Elis Nurhayati. (2023). Pelatihan Lesson Study Berbasis Sekolah Untuk Menciptakan Pembelajaran Berkualitas Di SMAN Kota Tasikmalaya. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 73–83. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.108

Issue

Section

Articles

Categories