Pendidikan Dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru IPS Pada Materi Geografi Guru-Guru SMP
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.10Keywords:
kompetensi guru, pendidikan dan pelatihan, sekolah menengah pertamaAbstract
Tujuan dari pendidikan dan pelatihan ini yaitu untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami guru selama pembelajaran IPS dan untuk mengetahui apakah kegiatan pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan kompetensi guru IPS tentang materi Geografi. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), metode ceramah, tanya jawab, diskusi dengan contoh-contoh aktual, dan modul pelatihan sebagai bahan untuk belajar mandiri. Evaluasi pelatihan dilakukan dengan menggunakan parameter pretest dan posttest menggunakan skala likert. Hasil yang diperoleh yaitu guru IPS memiliki hambatan pada saat menyampaikan materi, tidak menguasai media pembelajaran geografi dengan baik, tidak mampu mengusai metode dalam pembelajaran IPS khususnya materi geografi, dan mengalami hambatan dalam pemilihan jenis evaluasi yang digunakan. Selain itu, pendidikan dan pelatihan ini terbukti dapat meningkatan kompetensi guru IPS pada materi geografi.
Downloads
References
Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Astathi, F. (2017). Kendala Guru dalam pembelajaran IPS Terpadu di Kecamatan Labuhan Ratu. Jurnal Penelitian Geografi, 5(3).
Ausykarni, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan PBM melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik dengan Pendekatan Kolaboratif di SMP Ni Ujungbatu Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Edu Research, 8(1), 11-21.
Fitriani, S., Yarmaidi, Y., & Nugraheni, I. L. (2014). Deskripsi Kesulitan Guru dalam Pembelajaran IPS pada SMP Negeri. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 2(5).
Fitriyah, R. N. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 melalui Pendidikan dan Pelatihan. Prosiding SENDI.
Hazna, M. (2020). Hambatan Guru terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual di MTs Yapi Pakem. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29077?show=full
Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Rijal, A. S. (2018). Pengembangan profesionalisme guru IPS. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 187-196.
Sabon, S. S. (2018). Efektivitas Pelatihan Guru Melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(3), 159-182.
Saleh, A. A. M. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTS Negeri Kota Kupang. Al Manam: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 1(1), 1-12.
Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya peningkatan citra pembelajaran IPS bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 14-17.
Sugihartono, Fathiyah, K. N., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Surdin, La Ode Amaluddin, Fitriyani Saudi, Amniar Ati, Rahma Musyawarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.