Pemberdayaan Istri Petani Gurem melalui Bag Craft Creative sebagai Upaya Penguatan Ekonomi Keluarga

Authors

  • Irmadatus Sholekhah Universitas Jember
  • Dwi Herlindawati Universitas Jember
  • Lisana Oktavisanti Mardiyana Universitas Jember
  • Dibyo Waskito Guntoro Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v7i1.453

Keywords:

bag craft creative, istri petani gurem, pemberdayaan perempuan, penguatan ekonomi keluarga

Abstract

Keterbatasan lahan dan fluktuasi harga hasil pertanian menyebabkan pendapatan petani gurem tidak stabil, sehingga berdampak pada kesejahteraan ekonomi keluarga. Program pemberdayaan istri petani gurem melalui bag craft creative berbahan dasar strapping band plastik merupakan bentuk usaha kreatif yang dilakukan dengan modal relatif kecil dan tidak memerlukan keterampilan kompleks sehingga mudah dilakukan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan bagi istri petani gurem agar dapat menghasilkan produk kerajinan tas anyaman yang bernilai jual sehingga menjadi sumber penghasilan tambahan bagi keluarga. Mitra sasaran adalah kelompok masyarakat tidak produktif secara ekonomi yakni istri petani gurem pada salah satu desa di Kab. Jember berjumlah 20 orang. Kegiatan ini terdiri dari pelatihan pembuatan bag craft creative berbahan dasar strapping band plastik yang bernilai ekonomis; branding produk; serta pendampingan strategi digital marketing. Pelaksanaan pemberdayaan dilakukan dalam bentuk demonstrasi dan praktik. Hasilnya menunjukkan peserta pelatihan memiliki keterampilan pembuatan bag craft creative berbahan dasar strapping band plastik, serta strategi pemasaran digital. Respon mitra sangat positif ditunjukkan dengan antusiasme terhadap program. Pengabdian sejenis dapat dilakukan dengan konsep penyempurnaan pada kelompok sasaran yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eka, M., Hamdana, E. N., Pamenang, M. U., Arief, S., Sandhya, D., & Triswidrananta, O. D. (2023). Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Bunulrejo dalam Kerajinan Kreatif Rumah Tangga Serta Pemasaran Online. J-ABDI Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 571-578. DOI:10.53625/jabdi.v3i3.6276

Arvianti, E. Y., Masyhuri, M., Waluyati, L. R., & Darwanto, D. H. (2019). Gambaran Krisis Petani Muda Indonesia. Agriekonomika, 8(2), 168-180.

Assan, A. (2019). Strategi Bertahan Hidup Petani Gurem di Desa Tukul Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat. EJournal Sosiatri-Sosiologi, 7(3), 54-67.

BPS. (2024). Tempurejo District in Figures 2024. Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember. Retrieved from https://searchengine.web.bps.go.id/search?q=Tempurejo+District+in+Figures+2024&mfd=3509&content=all&page=1&title=0&from=all&to=all&sort=terbaru

Batubara, C., Safitri, D., Sari, D. P., Luthfiah, H. T., & Putra, B. U. (2023). Strategi Pengembangan Identitas Visual UMKM melalui Pembuatan Logo: Studi Kasus pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Aras. Journal of Human and Education (JAHE), 3(2), 420-427. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.265

Berlianisa, R. Y. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital melalui Instagram untuk Meningkatkan Brand Awareness UMKM Muslimah DIY (Studi Kasus pada Asya Collection dan Terban Craft). Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta.

Cahyani, A. N., Angggraini, K. D., Ishaq, D. F., & Eka, D. J. S. (2024). Inovasi Packaging untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM di Desa Mojoasem. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, 1(2), 309-320.

Guntoro, D. W., Munandar, H., Herman, H., & Mustikaningsih, W. (2022). Peningkatan Pemahaman Financial Digital Transformation Pengurus Panti Asuhan Berkah Palangka Raya. Martabe: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(8), 3077-3084.

Hidayah, N., Maulana, I., Suryawan, S. P., Sa’diah, S. N. H., Indriyani, S., & Rizka, L. (2021). Implementasi Digital Marketing pada Pengrajin Tas Anyam Desa Pesidi Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 384-394. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5347

Kariz, S. A., Piecessa, F. S., & Wijianto, W. (2024). Rebranding Produk UMKM Tas Anyam Plastik: Modernisasi Strategi Pemasaran Tas Anyam. Jurnal Abdimas Multidisiplin, 3(5), 28-35.

Kartika, S., & Widiastuti, F. (2019). Optimalisasi Penggunaan Kemasan Pempek Sutra pada Usaha Home Industri Rani di Desa Mendalo Darat Kec. Jaluko. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(1), 56-61. https://doi.org/10.22437/jkam.v3i1.7010

Rismayanti, L. P., & Yanti, N. N. S. A. (2025). Pengembangan Ekonomi Kreatif Lokal UMKM melalui Inovasi Kerajinan Strapping Band di Desa Duman. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 11(2), 334-349.

Robustin, T. P. (2022). Pendampingan Pemasaran dan Promosi Pada Usaha Tas Anyaman Di Desa Karangsono Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31967/jpm.v2i1.558

Salmiah., Wibowo, R. P., & Khaliqi, M. (2020). Pemanfatan Limbah Tali Plastik (Strapping band) untuk Produk Rumah Tangga Kreatif yang Bernilai Jual di Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan. Talenta Conference Series: Agricultural and Natural Resources (ANR), 3(2), 37-41. https://doi.org/10.32734/anr.v3i2.942

Sari, R., Asfahani, A., & Fikriawan, S. (2025). Pendampingan Pemasaran Digital Marketing Tas Anyaman melalui Media Sosial Facebook di Desa Prajegan Sukorejo Ponorogo. Social Science Academic, 295-302. https://doi.org/10.37680/ssa.v0i0.5933

Sholekhah, I., Herlindawati, D., Marjono, M., & Guntoro, D. W. (2025). Kemandirian Ekonomi Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) Pekerja Perkebunan melalui Pelatihan Strategi Marketing Urban Farming (Studi pada IKBI PTPN I Regional 5 Kebun Kalisanen Kotta Blater). Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(1), 168-177. https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i1.56483

Suleman, D., Sari, I., Kuspriyono, T., & Suharyadi, D. (2021). Pelatihan Trik Pemasaran dengan Meningkatkan Pendapatan melalui Media Sosial. PaKMas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 85-91. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i2.92

Sulistio, A. B. (2021). Branding sebagai Inti dari Promosi Bisnis. Retrieved from https://indonesia.sae.edu/wp-content/uploads/2021/02/Branding-Sebagai-Inti-Dari-Promosi-Bisnis.pdf

Supartiningsih, N. L. S., & Maryati, S. (2015). Strategi Peningkatan Peran Perempuan terhadap Penguatan Ekonomi Rumah Tangga Petani untuk Mengatasi Masalah Kemiskinan di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Agrimansion, 16(3), 225-242.

Susilowati, S. H. (2016). Fenomena Penuaan Petani dan Berkurangnya Tenaga Kerja Muda serta Implikasinya bagi Kebijakan Pembangunan Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 34(1), 35-55. https://doi.org/10.21082/fae.v34n1.2016.35-55

Susilowati, S. H., & Maulana, M. (2012). Luas Lahan Usaha Tani dan Kesejateraan Petani: Eksistensi Petani Gurem dan Urgensi Kebijakan Reforma Agraria. Analisis Kebijakan Pertanian, 10(1), 17-30. https://doi.org/10.21082/akp.v10n1.2012.17-30

Syahputri, D., Lubis, S., & Anggraini, B. (2024). Analisis Peran Sektor Pertanian dalam Pengurangan Kemiskinan dan Peningkatan Kesejahteraan di Negara-Negara Berkembang. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 3(1), 93-103.

Ulfa, A. U., & Fathoni, K. (2025). Pemanfaatan Sosial Media sebagai Sarana Pemasaran di Era Digital pada Tas Anyaman di Dukuh Krajan Desa Sukorejo. Social Science Academic, 233-242.

Vuspitasari, B. K., Atlantika, Y. N., & Novianty, N. (2023). Pemanfaatan Digital dalam Pemasaran Produk Anyaman Rotan Kampung Kreatif di Perbatasan. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 997-1004. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3106

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67-76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Winih, T. S., & Damanuri, A. (2023). Peran E-Commerce sebagai Strategi Pengembangan Bisnis Tas Anyaman untuk Meningkatkan Daya Saing. AL-MANHAJ: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam, 5(2), 1567-1580. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v5i2.3049

Yuniriyanti, E., & Sudarwati, R. (2015). Pengembangan Model Pemberdayaan Wanita dalam Upaya Pencapaian Ketahanan Pangan Keluarga pada Rumah Tangga Petani. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 2(2), 161-175.

Downloads

Published

2025-12-15

How to Cite

Sholekhah, I., Herlindawati, D., Mardiyana, L. O., & Guntoro, D. W. (2025). Pemberdayaan Istri Petani Gurem melalui Bag Craft Creative sebagai Upaya Penguatan Ekonomi Keluarga. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 46–56. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v7i1.453

Issue

Section

Articles

Categories