Penguatan Branding Produk UMKM melalui Kreasi Label dan Kemasan

Authors

  • Luthfiya Fathi Pusposari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Lusty Firmantika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Imam Wahyu Hidayat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Afif Berlian Saputri Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v7i1.433

Keywords:

community base parcipatory action research, kemasan produk, label produk, umkm kripik

Abstract

Setiap produk UMKM berpotensi dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, begitu pula produk UMKM Kripik. Sayangnya produk belum dapat disejajarkan dengan produk sejenis. Salah satu penyebab adalah lemahnya branding, dimana label dan kemasan tidak marketable. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu memberikan pendampingan branding melalui penguatan mutu label dan kemasan produk. Subjek dampingan adalah UMKM kripik Kabupaten Malang. Metode yang digunakan CBPAR, dimana tim pengabdi terlibat langsung bersama pemilik UMKM dan perangkat desa. Hasil menunjukkan: 1) Tahapan perencanaan melalui analisa kebutuhan untuk menentukan tema, subjek dan tujuan pendampingan; 2) Proses pendampingan menunjukkan adanya kolaborasi antara tim pengabdi dan pemilik umkm, sehingga label dan kemasan yang diharapkan dapat dikembangkan; 3) Hasil evaluasi menginformasikan program pendampingan penguatan label dan kemasan produk telah dilakukan dengan baik, produk UMKM kripik telah memiliki label dan kemasan baru yang dimungkinkan memiliki nilai jual lebih tinggi dan dapat dikenal lebih luas. Respon evaluator tidak ada yang menyatakan produk tidak menarik maupun kurang menarik. Adapun respon dari pemilik UMKM ditunjukkan dengan munculnya perasaan senang dan semangat untuk mengembangkan produknya. Implikasinya program pengabdian lanjutan diperlukan seperti pemasaran digital dan penyusunan laporan keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, H., Palisuri, P., Hernita, Syarifuddin, Syamsuddin, I., & Herman, R. (2021). Keberlanjutan Usaha Mikro dan Kecil Pedesaan Melalui Pemberdayaan Sumberdaya Lokal. Prosiding 5th Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat 2021, 480-485.

Amelia, D., & Oemar, E. A. B. (2017). Perancangan Desain Kemasan Peppy’s Snack Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 5(3), 584-590

Anjarsari, N., Silalahi, V. A. J. M., Siahaan, R. S., Simanjuntak, A. S., Simanjuntak, M. W., Situmorang, K. J., Sondakh, E. B. C., & Tangkudung, A. G. D. (2024). Strategi Pemberdayaan UMKM melalui Inovasi Kemasan Produk. EKOMA : Jurnal Ekonomi, 3(5), 1324-1330.

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20-27. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Burns, J. C., Cooke, D. Y., & Schweidler, C. (2011). A Short Guide to Community Based Participatory Action Research. Advanced Project-Healthy City, 1-18.

Ermaya, B. S. (2015). Kemandirian Desa dalam Mewujudkan Pembangunan Kawasan Pedesaan. Jurnal Litigasi, 16(2), 2835-2874. https://doi.org/10.23969/litigasi.v16i2.36

Fakhrudin, A., Roeliyanti, A. M. V., & Awan. (2022). Bauran Pemasaran. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology, 7-16.

Fibrianti, N. (2019). Upaya Pemahaman Pencantuman Label pada Kemasan Produk Makanan bagi Siswa SMA 12 Semarang. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia, 2(1), 1–-.

Fredella, F. A., Dinanty, D. D., Octivanti, S. N. A., Azizah, F. N., & Adwitiya, F. N. (2023). Pendampingan Pembuatan Kemasan Label pada UMKM Kerupuk Udang dan Payus Mak Sah. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 164-172. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i3.267

Hermawan, Y., & Muryati. (2022). Analisis Kebutuhan Pendampingan Belajar Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid 19 di Dusun Bandingan Gombong. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 9(1), 27-36.

Kapriani, K., & Jusman, I. A. (2024). Pengaruh Desain Kemasan dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Produk Burger Azzahra). Forum Cendekia: Jurnal Ilmu Multidisipliner, 1(1), 22-27.

Mardiana, R., Meilina, D., Octavia, A., Musnaini, M., Lubis, T. A., & Solikhin, A. (2024). Pendampingan Branding UMKM melalui Sosial Media dan Desain Kemasan dalam Upaya Peningkatan Kinerja Pemasaran pada UMKM Keripik Singkong Bu Wati. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(6), 962-969. https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i6.2911

Prasetya, R. E., Yuwono, Y., Hidayat, R. S., Elizabeth, E., & Setyarko, Y. (2023). Penyuluhan Pentingnya Pembuatan Label Produk UMKM Desa Majau Kecamatan Saketi. Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi), 4(1), 19-30. https://doi.org/10.32736/abdimastek.v4i1.1728

Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk UMKM Kelurahan Labuhan dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119-123.

Putri, R. A. (2021). Application of Powtoon Animation as a Learning Media Using the Community Based Participatory Action Research (CBPAR) Method. J-IbM: Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 1(1), 16-22.

Septiyadi, A. L., Made, I., & Dirgantara, B. (2021). Pengaruh Atribut Kemasan (Packaging) terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik Emina. Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1-14.

Suriadi, J., Mardiyana., & Reza, B. (2022). Concept of Color Psychology and Logos to Strengthen Brand Personality of Local Products. Linguistics and Culture Review, 6, 839-856. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS1.2168

Syakhroni, A., Khoiriyah, N., Marlyana, N., M Maknun, & Mas’ud, A. A. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Kemasan Onde-Onde Ketawa untuk Meningkatkan Daya Jual Produk pada UMKM Mugi Berkah. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 87-92. https://doi.org/10.31599/xs0n9891

Thabrany, S., Fajrina, N., & Pramesti, R. D. (2023). Peran Elemen Visual sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran pada Kemasan Produk. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 8(2), 322-332. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i2.903

Vivona, B. D., & Wolfgram, M. S. (2021). Conducting Community Based Participatory Action Research. Human Resource Development Review, 20(4), 512-521. https://doi.org/10.1177/15344843211044003

Wang, X. (2024). Visual Communication and Branding: The Role of Graphic Design in Building Brand Image and Recognition. Highlights in Art and Design, 8(2), 19-22. https://doi.org/10.54097/qwy32g44

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Ddlam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67-76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Wiranti, N. E., Magriasti, L., & Frinaldi, A. (2024). Peranan Perangkat Desa Dalam Membantu Pelaku UMKM Mengembangkan Usahanya. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 16(1), 1-7.

Zafitri, M. V., & Mulyati, D. J. (2023). Penguatan Branding UMKM Puspazary melalui Inovasi Kemasan dan Pemasaran Digital. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 243-250. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i4.859

Downloads

Published

2025-12-15

How to Cite

Pusposari, L. F., Firmantika, L., Hidayat, I. W., & Saputri, A. B. . (2025). Penguatan Branding Produk UMKM melalui Kreasi Label dan Kemasan. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 66–76. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v7i1.433

Issue

Section

Articles

Categories