Penguatan Branding Produk UMKM melalui Kreasi Label dan Kemasan
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v7i1.433Keywords:
community base parcipatory action research, kemasan produk, label produk, umkm kripikAbstract
Setiap produk UMKM berpotensi dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, begitu pula produk UMKM Kripik. Sayangnya produk belum dapat disejajarkan dengan produk sejenis. Salah satu penyebab adalah lemahnya branding, dimana label dan kemasan tidak marketable. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu memberikan pendampingan branding melalui penguatan mutu label dan kemasan produk. Subjek dampingan adalah UMKM kripik Kabupaten Malang. Metode yang digunakan CBPAR, dimana tim pengabdi terlibat langsung bersama pemilik UMKM dan perangkat desa. Hasil menunjukkan: 1) Tahapan perencanaan melalui analisa kebutuhan untuk menentukan tema, subjek dan tujuan pendampingan; 2) Proses pendampingan menunjukkan adanya kolaborasi antara tim pengabdi dan pemilik umkm, sehingga label dan kemasan yang diharapkan dapat dikembangkan; 3) Hasil evaluasi menginformasikan program pendampingan penguatan label dan kemasan produk telah dilakukan dengan baik, produk UMKM kripik telah memiliki label dan kemasan baru yang dimungkinkan memiliki nilai jual lebih tinggi dan dapat dikenal lebih luas. Respon evaluator tidak ada yang menyatakan produk tidak menarik maupun kurang menarik. Adapun respon dari pemilik UMKM ditunjukkan dengan munculnya perasaan senang dan semangat untuk mengembangkan produknya. Implikasinya program pengabdian lanjutan diperlukan seperti pemasaran digital dan penyusunan laporan keuangan.
Downloads
References
Abubakar, H., Palisuri, P., Hernita, Syarifuddin, Syamsuddin, I., & Herman, R. (2021). Keberlanjutan Usaha Mikro dan Kecil Pedesaan Melalui Pemberdayaan Sumberdaya Lokal. Prosiding 5th Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat 2021, 480-485.
Amelia, D., & Oemar, E. A. B. (2017). Perancangan Desain Kemasan Peppy’s Snack Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 5(3), 584-590
Anjarsari, N., Silalahi, V. A. J. M., Siahaan, R. S., Simanjuntak, A. S., Simanjuntak, M. W., Situmorang, K. J., Sondakh, E. B. C., & Tangkudung, A. G. D. (2024). Strategi Pemberdayaan UMKM melalui Inovasi Kemasan Produk. EKOMA : Jurnal Ekonomi, 3(5), 1324-1330.
Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20-27. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223
Burns, J. C., Cooke, D. Y., & Schweidler, C. (2011). A Short Guide to Community Based Participatory Action Research. Advanced Project-Healthy City, 1-18.
Ermaya, B. S. (2015). Kemandirian Desa dalam Mewujudkan Pembangunan Kawasan Pedesaan. Jurnal Litigasi, 16(2), 2835-2874. https://doi.org/10.23969/litigasi.v16i2.36
Fakhrudin, A., Roeliyanti, A. M. V., & Awan. (2022). Bauran Pemasaran. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology, 7-16.
Fibrianti, N. (2019). Upaya Pemahaman Pencantuman Label pada Kemasan Produk Makanan bagi Siswa SMA 12 Semarang. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia, 2(1), 1–-.
Fredella, F. A., Dinanty, D. D., Octivanti, S. N. A., Azizah, F. N., & Adwitiya, F. N. (2023). Pendampingan Pembuatan Kemasan Label pada UMKM Kerupuk Udang dan Payus Mak Sah. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 164-172. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i3.267
Hermawan, Y., & Muryati. (2022). Analisis Kebutuhan Pendampingan Belajar Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid 19 di Dusun Bandingan Gombong. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 9(1), 27-36.
Kapriani, K., & Jusman, I. A. (2024). Pengaruh Desain Kemasan dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Produk Burger Azzahra). Forum Cendekia: Jurnal Ilmu Multidisipliner, 1(1), 22-27.
Mardiana, R., Meilina, D., Octavia, A., Musnaini, M., Lubis, T. A., & Solikhin, A. (2024). Pendampingan Branding UMKM melalui Sosial Media dan Desain Kemasan dalam Upaya Peningkatan Kinerja Pemasaran pada UMKM Keripik Singkong Bu Wati. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(6), 962-969. https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i6.2911
Prasetya, R. E., Yuwono, Y., Hidayat, R. S., Elizabeth, E., & Setyarko, Y. (2023). Penyuluhan Pentingnya Pembuatan Label Produk UMKM Desa Majau Kecamatan Saketi. Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi), 4(1), 19-30. https://doi.org/10.32736/abdimastek.v4i1.1728
Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk UMKM Kelurahan Labuhan dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119-123.
Putri, R. A. (2021). Application of Powtoon Animation as a Learning Media Using the Community Based Participatory Action Research (CBPAR) Method. J-IbM: Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 1(1), 16-22.
Septiyadi, A. L., Made, I., & Dirgantara, B. (2021). Pengaruh Atribut Kemasan (Packaging) terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik Emina. Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1-14.
Suriadi, J., Mardiyana., & Reza, B. (2022). Concept of Color Psychology and Logos to Strengthen Brand Personality of Local Products. Linguistics and Culture Review, 6, 839-856. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS1.2168
Syakhroni, A., Khoiriyah, N., Marlyana, N., M Maknun, & Mas’ud, A. A. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Kemasan Onde-Onde Ketawa untuk Meningkatkan Daya Jual Produk pada UMKM Mugi Berkah. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 87-92. https://doi.org/10.31599/xs0n9891
Thabrany, S., Fajrina, N., & Pramesti, R. D. (2023). Peran Elemen Visual sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran pada Kemasan Produk. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 8(2), 322-332. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i2.903
Vivona, B. D., & Wolfgram, M. S. (2021). Conducting Community Based Participatory Action Research. Human Resource Development Review, 20(4), 512-521. https://doi.org/10.1177/15344843211044003
Wang, X. (2024). Visual Communication and Branding: The Role of Graphic Design in Building Brand Image and Recognition. Highlights in Art and Design, 8(2), 19-22. https://doi.org/10.54097/qwy32g44
Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Ddlam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67-76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670
Wiranti, N. E., Magriasti, L., & Frinaldi, A. (2024). Peranan Perangkat Desa Dalam Membantu Pelaku UMKM Mengembangkan Usahanya. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 16(1), 1-7.
Zafitri, M. V., & Mulyati, D. J. (2023). Penguatan Branding UMKM Puspazary melalui Inovasi Kemasan dan Pemasaran Digital. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 243-250. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i4.859
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Luthfiya Fathi Pusposari, Lusty Firmantika, Imam Wahyu Hidayat, Afif Berlian Saputri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






