Penguatan Kapasitas Guru Untuk Mengatasi Tantangan Sekolah di Wilayah Terpencil Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Juliaans E. R. Marantika Universitas Pattimura
  • Jolanda Tomasou Universitas Pattimura
  • Kalvin Karuna Universitas Pattimura
  • June Carmen Noya van Delzen Universitas Pattimura
  • Carolina Lestuny Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v7i1.425

Keywords:

kurikulum merdeka, pengembangan kapasitas guru, wilayah terpencil

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di wilayah terpencil, khususnya di Maluku, telah menunjukkan hasil positif dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Meskipun Kurikulum Merdeka menawarkan fleksibilitas dalam pembelajaran, banyak guru, termasuk guru Bahasa Jerman, mengalami kesulitan dalam perencanaan pembelajaran dan asesmen. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan pelatihan dan pendampingan yang melibatkan pengembangan Modul Ajar dan penggunaan metode pembelajaran inovatif. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru, terutama guru Bahasa Jerman, dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mandiri sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman guru tentang capaian pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Tujuan Pembelajaran (TP) yang spesifik. Sebanyak 71,3% guru setuju untuk memperdalam pengetahuan terkait kurikulum, dan 49,3% siap menerapkan ilmu yang didapat. Siswa juga menunjukkan peningkatan kesiapan menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Teknologi, seperti platform e-learning, berkontribusi pada efektivitas pendidikan. Simpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pelatihan dan pendampingan yang tepat dapat meningkatkan kapasitas guru dan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Digna, D., Minsih, M., & Widyasari C. (2023). Teachers’ Perceptions of Differentiated Learning in Merdeka Curriculum in Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 7(2), 255-262. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i2.54770

Ela, M., & Ixfina, F. D. (2024). Implementasi Keterampilan Abad 21 pada Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya. At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 49-60.

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar, 67-74.

Hockings, C., Thomas, L., Ottaway, J., & Jones, R. (2018). Independent Learning What We Do When You’re Not There. Teaching in Higher Education, 23(2), 145-161. https://doi.org/10.1080/13562517.2017.1332031

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 39-53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482

Kamalia, P. U., & Andriansyah, E. H. (2021). Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(4), 857-867. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.4031

Liang, W., To, J., & Lo, Y. Y. (2025). A Journey towards Teacher Empowerment in Differentiated Instruction: Implications for A Sustainable Teacher Professional Development Model. Asia Pacific Education Review, 26(2), 445-457. https://doi.org/10.1007/s12564-024-09977-y

Maryatun, I. B., & Salsabila, F. S. Y. (2025). How The Project Based Learning Implemented in “Kurikulum Merdeka”: A Case Study. Jurnal Pendidikan Anak, 14(1), 247-258. https://doi.org/10.21831/jpa.v14i1.887

Saraswati, S., Hidayat, S., Pribadi, R. A., & Dewi, R. S. (2025). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 16(1), 88-97.

Sartini, & Mulyono, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1348-1363. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392

Satria, T. G., Sapriya, S., Sa’ud, U. S., & Riyana, C. (2025). Project Based Learning Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila: Implementasi Nilai Karakter Bernalar Kritis. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 10(1), 87-96. https://doi.org/10.21067/jmk.v10i1.11020

Sirojuddin, A., Kartiko, A., & Ma’arif, M. A. (2025). Adaptation of Independent Curriculum in Remote Elementary Schools: A Field Study in Disadvantaged, Frontier, and Outermost Areas. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 9(3), 734-749. https://doi.org/10.35723/ajie.v9i3.231

Syifa, P., Nazurty., & Haryanto, E. (2025). Implementation of the Kurikulum Merdeka and Challenges in Instilling Character in Elementary Schools. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 9(1), 13-22. https://doi.org/10.21067/jbpd.v9i1.11718

Taufiq, A. M. H., & Ismail. (2025). Implementasi Proyek pada Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Progresivisme. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(4), 242-252. https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34303

Tomasouw, J., Marantika, J. E. R., Wenno, E. C., & Van Delzen, J. C. N. (2024). The Challenges of the Kurikulum Merdeka Implementation in 3T Area. KnE Social Sciences 8th International Seminar on Education 2024, 359-377. https://doi.org/10.18502/kss.v9i31.17598

Tomlinson, C. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms (3rd edition). ASCD: Inggris.

Wibowo, S. E., Saptono, B., Hastomo, A., Herwin., & Ardiansyah, A. R. (2023). The Challenges of Implementing the Independent Curriculum in Indonesian Language Learning in Elementary School High Classes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 536-545. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i3.59167

Widiastuti, S., Harun, H., Cholimah, N., & Tjiptasari, F. (2024). Implementasi Nilai Karakter melalui Pembelajaran Proyek untuk Anak Usia Dini pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 85-109. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4631

Zulaiha, S. (2025). Implementing Differentiated Instruction in Bahasa Indonesia within the Framework of the Merdeka Curriculum. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 12(1), 116-133. https://doi.org/10.24042/terampil.v12i1.27118

Downloads

Published

2025-12-15

How to Cite

Marantika, J. E. R., Tomasou, J., Karuna, K., Noya van Delzen, J. C., & Lestuny, C. (2025). Penguatan Kapasitas Guru Untuk Mengatasi Tantangan Sekolah di Wilayah Terpencil Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 36–45. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v7i1.425

Issue

Section

Articles

Categories