Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Melalui Penulisan Artikel Untuk Jurnal Ilmiah Dan Teknik Sitasi

Authors

  • Darnawati Universitas Halu Oleo
  • La Ode Amaluddin Universitas Halu Oleo
  • La Ili Universitas Halu Oleo
  • Suwasni Universitas Halu Oleo
  • Asih Prameswari Universitas Halu Oleo
  • Ana Ummi Asma Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.422

Keywords:

penelitian pendidikan, penulisan artikel ilmiah, teknik sitasi

Abstract

Pengembangan keprofesian guru masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan akses terhadap pelatihan yang berkualitas dan kurangnya pemahaman mengenai teknik penulisan artikel yang baik serta penggunaan sitasi yang benar. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan pelatihan yang komprehensif bagi guru-guru di daerah ini guna meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis artikel untuk jurnal ilmiah serta menguasai teknik sitasi yang diperlukan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membekali guru dengan keterampilan yang diperlukan dalam penulisan artikel ilmiah dan teknik sitasi, sehingga mereka dapat berkontribusi secara aktif dalam publikasi ilmiah dan meningkatkan kualitas pendidikan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan ini mencakup penyampaian materi teoritis, pendampingan praktis, dan monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa yaitu pemahaman peserta terhadap penulisan artikel untuk jurnal ilmiah terbilang sudah cukup baik, peserta juga sudah memiliki gambaran terkait bagaimana cara terbaru membuat artikel dan teknik sitasi untuk jurnal ilmiah baik secara konsep mapupun praktek. Melalui kegiatan ini guru dapat mengetahui cara terbaru penulisan artikel untuk jurnal ilmiah yang akan membantu guru dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction (7th ed.). Allyn & Bacon.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Dera Widyawiyarti, A. P. (2021). Analisis Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Terhadap Peranan Pengembangan Diri Guru Smkn Bersertifikasi Di Kota Cimahi. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.

Fitriyani, Y., Kurniawati, R. F., & Prasetyo, H. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Sitasi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22–28.

Fitri, R., Syahrul, A., & Lestari, D. (2024). Pelatihan publikasi artikel pada jurnal nasional terakreditasi bagi guru di Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Batik, 5(1), 33–42.

Gunawan, H., Lubis, Z., & Siregar, R. (2024). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Madrasah di Sumatera Utara. Jurnal Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 56–65.

Glatthorn, A. A. (1995). Professional Development. Corwin Press.

Halidjah, S., Rahmawati, L., & Rahayu, T. (2024). Workshop Penulisan Artikel PTK bagi Guru Sekolah Dasar di Jawa Barat. Jurnal Abdimas Pendidikan, 8(1), 21–29.

Hartati, S., Ramadhani, R., & Anshori, M. Y. (2022). Efektivitas Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis PTK untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(1), 34–41

Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.

Liberna, H., Saputra, A., & Sulistyaningsih, E. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-guru MTs N 40 Jakarta Barat. Jurnal Abdidas, 2(1)

Maimunah, Yenita Roza, Putri Yuanita, Nahor Murani Hutapea, & Kartini. (2024). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA dan SMK Di Bengkalis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(3).

Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga pendidikan

Pecorari, D. (2013). Academic Writing and Plagiarism: A Linguistic Analysis. Bloomsbury Publishing.

Pratiwi, S. R., Nainggolan, Y. T., & Cahyaningrum, W. (2022). Pelatihan Penulisan dan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(4).

Suwandi, S. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Guru: Fokus pada Teknik Sitasi dan Penggunaan Referensi. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 55–62.

Waruwu, J., Toding, B., & Lase, R. (2024). Pelatihan Online Penulisan Artikel PTK bagi Guru dan Kepala Sekolah di Wilayah Timur Indonesia. Jurnal Mitra Sekolah, 5(1), 11–20.

Wenger, E. (1998). Communities of Practice: Learning, Meaning, and Identity. Cambridge University Press.

Zainuddin, M., Misbah, A. A., Amirul Azis Anshari Mudha, N. S., & Lazuardi, S. D. A. (2022). Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah bagi Guru MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala. PRO SEJAHTERA (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat), 4(1).

Zuber-Skerritt, O. (2012). Action Research for Sustainable Development in a Turbulent World. Emerald Publishing.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Darnawati, Amaluddin, L. O., Ili, L., Suwasni, Prameswari, A., & Asma, A. U. (2025). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Melalui Penulisan Artikel Untuk Jurnal Ilmiah Dan Teknik Sitasi. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 469–477. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.422

Issue

Section

Articles

Categories