Penguatan Partisipasi Mahasiswa Calon Guru dalam Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Sumber Daya Alam Lokal di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Authors

  • Maulida Ulfa Hidayah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Zakiyah Ulfah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v7i1.410

Keywords:

partisipasi calon guru, pendidikan perbatasan, penguatan, project based learning

Abstract

Wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat menghadapi berbagai tantangan pendidikan, seperti keterbatasan infrastruktur, kekurangan guru berkualitas, serta akses transportasi yang terbatas. Namun, daerah ini juga memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA) dan kearifan lokal yang berpotensi besar untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar kontekstual. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat partisipasi mahasiswa calon guru dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis SDA lokal melalui pendekatan Participatory Action Research (PAR). Kegiatan dilaksanakan dalam dua siklus PAR dengan melibatkan 20 mahasiswa semester akhir IAIN Pontianak yang akan menjalani Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah perbatasan. Metode pelaksanaan meliputi perencanaan, implementasi proyek pembelajaran, observasi, dan refleksi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi mahasiswa, dari semula pasif menjadi aktif, reflektif, dan kolaboratif. Mahasiswa berhasil memanfaatkan SDA lokal seperti tanaman obat, air sungai, bambu, dan lahan gambut dalam desain pembelajaran kontekstual. Implementasi di sekolah mitra turut meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa serta membentuk kompetensi pedagogik mahasiswa. Kesimpulannya, integrasi PAR dan PjBL berbasis SDA lokal terbukti menjadi strategi efektif dalam membentuk guru profesional yang adaptif, inovatif, dan siap mengajar di daerah 3T, khususnya wilayah perbatasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifianti, U. (2020). Project Based Learning dalam Pembelajaran IPA. SHEs: Conference Series, 3(3), 2079-2082. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Chang, I. Y. (2023). Action Research on Project-Based Learning Combined with Local Creation and Integration into Curriculum. E3S Web of Conferences, 452(5), 1-9. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202345207030

Dancis, J. S., Coleman, B. R., & Ellison, E. R. (2023). Participatory Action Research as Pedagogy: Stay Messy. Journal of Participatory Research Methods, 4(2), 1-24. https://doi.org/10.35844/001c.75174

Faslia, F., Aswat, H., & Aminu, N. (2023). Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3895-3904. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6623

Haryani, G. S., Hidayat, & Samir, O. (2020). Diversity of Fish Caught Using Gill Nets in Lake Sentarum, West Kalimantan-Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 535(1), 1-14. https://doi.org/10.1088/1755-1315/535/1/012037

Innayah, I. (2018). Siaran Radio Pendidikan: Upaya Perluasan Akses Layanan Pendidikan di Wilayah Perbatasan Indonesia. Jurnal Teknodik, 22(2), 159-170. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.372

Islam, A. Z., Rachmadiarti, F., & Indana, S. (2025). Integrating Local Environmental Issues into a Problem-Based Learning E-Book to Improve Students’ Science Competencies. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 10(2), 511-523. https://doi.org/10.22219/jpbi.v11i2.40907

Jeno, J., Rafdinal, R., & Gusmalawati, D. (2023). Diversity of Bamboo Species (Poaceae: Bambusoideae) in the Bukit Kinai Area, Bengkayang Regency. Jurnal Biologi Tropis, 23(4), 244-252. https://doi.org/10.29303/jbt.v23i4.5543

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching & Learning, What it is and Why it’s Here to Stay. Corwin Press: California

Kartikawati, S. M., Zuhud, E. A. M., Hikmat, A., Kartodihardjo, H., & Fuadi, M. (2014). Habitat Preferences, Distribution Pattern, and Root Weight Estimation of Pasak Bumi (Eurycoma Longifolia Jack.). Jurnal Manajemen Hutan Tropika, 20(1), 43-50. https://doi.org/10.7226/jtfm.20.1.43

Lalor, S. B., Kelly, K., Ferguson, T., Gentles, C. H., & Roofe, C. (2020). Project-based Learning for Environmental Sustainability Action. Southern African Journal of Environmental Education, 36(2), 57-72. https://doi.org/10.4314/sajee.v36i1.10

López, J. A., & Palacios, F. J. P. (2024). Effects of a Project-Based Learning Methodology on Environmental Awareness of Secondary School Students. International Journal of Instruction, 17(1), 1–22.

Markula, A., & Aksela, M. (2022). The Key Characteristics of Project-Based Learning: How Teachers Implement Projects in K-12 Science Education. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(1), 1-17. https://doi.org/10.1186/s43031-021-00042-x

Medina, E., Asyari, H., & Syukur, M. (2023). Pengaruh Pemberdayaan Guru terhadap Loyalitas Guru di MAN 4 Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 89-102. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3740

Morales, M. P. E. (2016). Participatory Action Research (PAR) Cum Action Research (AR) in Teacher Professional Development: A Literature Review. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 156-165. https://doi.org/10.21890/ijres.01395

Muslihudin, A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 2062-2070. https://doi.org/10.31949/jee.v2i2.1515

Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42–-0. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.272

Nurhaswinda, N., Berliana, P. I., Afira, N., Husnul, A., Rahma, M., Resvita, R., & Mulyadi, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Best Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 6385-6394.

Paulus. (2023). Tantangan Pembangunan Pendidikan Wilayah Kalimantan. Seminar Nasional Pendidikan (SNP) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjung Pura, 1-9.

Peters, C. M., & Giesen, W. (2000). Balancing Supply and Demand: A Case Study of Rattan in the Danau Sentarum National Park, West Kalimantan, Indonesia. Borneo Research Bulletin, 31, 138-149

Pranaka, R. N., Yusro, F., & Budiastutik, I. (2020). Pemanfaatan Tanaman Obat oleh Masyarakat Suku Melayu di Kabupaten Sambas. Jurnal Tumbuhan Obat Indonesia, 13(1), 1-24. https://doi.org/10.22435/jtoi.v13i1.1887

Retnowati, R., Istiana, R., & Nadiroh. (2020). Developing Project-Based Learning Related to Local Wisdom in Improving Students’ Problem-Solving Skills. Journal of Education, Teaching, and Learning, 5(1), 137-144. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v5i1.1035

Rupita. (2019). Analisis Situasi Pendidikan di Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia: Studi di Kecamatan Puring kencana, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Journal Community Development and Society, 1(1), 11-19.

Sanjaya, I. W. H., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2025). Pengaruh PjBL Terintegrasi Kearifan Lokal Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Keterampilan Berkolaborasi Siswa Sekolah Dasar. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 166-175. https://doi.org/https://doi.org/10.62491/njpi.2025.v5i1-13

Ulfah, Z., & Hidayah, M. U. (2025). Analysis of Local Natural Resource Utilization in Project Based Learning (PjBL) in Higher Education in Indonesia-Malaysia Border Regions. Journal of Educational Sciences, 9(5), 3214-3223. https://doi.org/https://doi.org/10.31258/jes.9.5.p.3214-3223

Waty, E. R. K., Syafdaningsih, S., Hasmalena, H., & Sofia, H. (2024). Needs Analysis of Science and Mathematics Teaching Materials in Supporting Early Childhood Learning for Kindergarten Teachers. Proceedings of the 6th Sriwijaya University Learning and Education International Conference, 196-208. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/978-2-38476-390-0_16

Yani, I., Subarjah, H., & Sujana, A. (2019). Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Sumber Daya Alam terhadap Peningkatan Literasi Sains Siswa Kelas IV. Jurnal Pena Ilmiah, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpi.v3i1.18841

Downloads

Published

2025-12-15

How to Cite

Hidayah, M. U., & Ulfah, Z. (2025). Penguatan Partisipasi Mahasiswa Calon Guru dalam Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Sumber Daya Alam Lokal di Perbatasan Indonesia-Malaysia. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 12–25. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v7i1.410

Issue

Section

Articles

Categories