Pendampingan Persuasi Verbal lewat Program Home Visit dan Family Engagement bagi Mahasiswa KIP Kuliah

Authors

  • Theresia Manalu Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Anang Bambang Pujianto Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.404

Keywords:

family engagement, motivasi belajar , persuasi verbal, tantangan psikologis

Abstract

Mahasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan nilai akademik yang baik sesuai dengan perjanjian dan komitmen yang sudah disepakati. Untuk mendukung capaian tersebut, maka tim pengelola dari universitas merancang suatu program berupa home visit dan family engagement sebagai wujud pendampingan langsung kepada mahasiswa dan keluarga. Program ini bertujuan untuk membantu mahasiswa menghadapi tantangan psikologis yang dapat menghambat keberhasilan studi mereka. Kegiatan ini menggunakan pendekatan partisipatif dengan melibatkan tim pengelola, mahasiswa, dan keluarga melalui pendampingan dan intervensi langsung berbasis persuasi verbal yang terbagi ke dalam empat tahapan proses: perencanaan, persiapan, kunjungan dan pendampingan, serta monitoring. Hasilnya, perkembangan IPK serta efikasi dan motivasi enam mahasiswa yang dikunjungi menunjukkan hasil yang positif. Beberapa ungkapan yang mahasiswa berikan pada saat wawancara setelah pendampingan merujuk pada efikasi dan motivasi diri yang tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa program visitasi dan pendampingan ini memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar dan psikologis mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Zubaidi, R., Ariffin, K. A. B. M., Abdulsamad, A., Raqee, A., Ismail, I. S., & Ahmad, K. A. (2022). The Effect of Self-efficacy on Sustainable Development: The PetroMasila in Yemen. Advances in Social Sciences Research Journal, 9(12), 35-49. https://doi.org/10.14738/assrj.912.13555

Amin, A., Sasongko, R. N., & Yuneti, A. (2022). Kebijakan Kartu Indonesia Pintar untuk Memerdekakan Mahasiswa Kurang Mampu. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 5(1), 98–107. https://doi.org/10.31539/alignment.v5i1.3803

André, E., Bevacqua, E., Heylen, D., Niewiadomski, R., Pelachaud, C., Peters, C., Poggi, I., & Rehm, M. (2011). Non-verbal Persuasion and Communication in an Affective Agent In Cognitive Technologies. Springer: Inggris. https://doi.org/10.1007/978-3-642-15184-2_30

Azzahrawani, N. R., Arkanudin, Alamri, A. R., Adha, N., Nuari, O. L., & Heronimus, V. (2024). Implementation of the Independent College KIP Policy at Tanjungpura University. JKMP (Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik), 12(1), 58–68. https://doi.org/10.21070/jkmp.v12i1.1765

Bhati, K., & Sethy, T. P. (2022). Self-Efficacy: Theory to Educational Practice. International Journal of Indian Psychology, 10(1), 1123-1128. https://doi.org/10.25215/1001.112

Cassé, J. F. H., Oosterman, M., & Schuengel, C. (2015). Verbal Persuasion and Resilience of Parenting Self-Efficacy: Preliminary Findings of an Experimental Approach. Family Science, 6(1), 23–30. https://doi.org/10.1080/19424620.2015.1009933

Irawan., Idayati, F., Praskadinata, H. Y. C., Dina F., Abdurohim., Tasriastuti, N. A., Irdhayanti, E., Bisri, T. S., Nurdiah, S., Harapan, E., Koesmono, T., Rachmawati, K. A. A. K., Saputra, M. A. (2024). Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Berkelanjutan (Strategi untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kompetensi dalam Organisasi). Eureka Media Aksara: Jawa Tengah.

Gutama, A. S., Fedryansyah, M., & Nuriyah, E. (2021). Implementasi Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) berdasarkan Basis Nilai Keadilan dalam Kebijakan Sosial Implementation of the Kartu Indonesia Pintar (KIP) based on the Value Basis of Justice in Social Policy. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 389–396.

Honicke, T., & Broadbent, J. (2016). The Influence of Academic Self-Efficacy on Academic Performance: A systematic review. Educational Research Review 17, 63–84. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.11.002

Insari, R. D., Arasih, Y., Marefanda, N., & Umar, U. T. (2022). Manajemen Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Journal of Government, 8(1).

Kemendikbudristek. (2023). Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Pendidikan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemendikbudristek. (2023). Strategi Peningkatan Kualitas Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kleppang, A. L., Steigen, A. M., & Finbråten, H. S. (2023). Explaining Variance in Self-Efficacy among Adolescents: The Association between Mastery Experiences, Social Support, and Self-Efficacy. BMC Public Health, 23(1), 1-10. https://doi.org/10.1186/s12889-023-16603-w

Kristie Sigler. (2017). Persuasive Communication. Kendall Hunt Publishing Company: Amerika.

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (SNISTEK), 1(5), 84–90.

Leontiev, D. A. (2013). Personal Meaning: A Challenge for Psychology. Journal of Positive Psychology, 8(6), 459–470. https://doi.org/10.1080/17439760.2013.830767

Pratiwi, A. R. (2021). The Role of Learning Motivation as a Mediation of Influence of Self-Efficacy. Economica, 10(1), 10–22. https://doi.org/10.22202/economica.2021.v10.i1.4924

Purwanto, M. A., Subroto, I. M, I., & Kurniadi, D. (2018). Sistem Rekomendasi Penerimaan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Menggunkan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI), 3(2), 111-119.

Rathus, S. A., & Nevid, J. S. (2019). Psychology and the Challenges of Life Adjustment and Growth Fourteenth Edition (Vol. 14). John Wiley & Sons Inc: New Jersey.

Schunk, D. H. (1991). Self-Efficacy and Academic Motivation. Educational Psychologist, 26, 207–231. Retrieved from http://www.tandf.co.uk/journals/

Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2021). Self-efficacy and Human Motivation. Advances in Motivation Science, 8, 153–179. https://doi.org/10.1016/bs.adms.2020.10.001

Situmorang, K. (2022). Improving the Academic English Achievement through Developing Students’ Self-Efficacyofverbal Persuasions; a Classroomaction Research. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching, 10(3), 403–413. https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.5534

Supervía, P. U., & Robres, Q. A. (2021). Emotional Regulation and Academic Performance in the Academic Context: The Mediating Role of Self-Efficacy in Secondary Education Students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(11), 1-10. https://doi.org/10.3390/ijerph18115715

Waddington, J. (2023). Self-efficacy. ELT Journal, 77(2), 237–240. https://doi.org/10.1093/elt/ccac046

Yang, X. (2023). An Investigation of the Connections between Junior High School Students’ Self-Efficacy, Motivation, and Anxiety in Learning English. Journal of Education and Educational Research, 5(1), 121–124.

Zhang, J., Qi, G., Song, C., & Chen, J. (2022). Continuous Idea Contribution in Open Innovation Communities: The Role of Verbal Persuasion from Peers. Frontiers in Psychology, 13, 1-16. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1061415

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Manalu, T., & Pujianto, A. B. (2025). Pendampingan Persuasi Verbal lewat Program Home Visit dan Family Engagement bagi Mahasiswa KIP Kuliah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 332–342. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.404

Issue

Section

Articles

Categories