Edukasi Bahasa Asing dengan Media Flash Card pada Anak-Anak Roemah Tawon
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.403Keywords:
bahasa asing, edukasi, flash card , mediaAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk memberikan pendampingan belajar bagi masyarakat yang belajar di taman pendidikan Roemah Tawon Tanah Tinggi Kota Tangerang. Sasaran partisipan adalah para siswa sekolah paud dan sekolah dasar di lingkungan tersebut, guna mendapatkan ilmu bahasa asing berupa tambahan vocabulary dengan metode yang menyenangkan, yaitu dengan menggunakan media Flash Card. Dalam kegiatan ini siswa/peserta bermain sekaligus belajar bahasa asing secara berkelompok didampingi dengan dosen dan beberapa mahasiswa. Hasil dari kegiatan ini yaitu anak-anak roemah tawon menjadi termotivasi belajar bahasa inggris, dapat mengucapkan alfabeta, nama hari, nama-nama binatang dengan bahasa inggris menggunakan media Flash Card . Hal ini sangat mengedukasi dan membantu para siswa/pelajar menambah vocabulary bahasa asing. Saat proses kegiatan peserta sangat senang dan mengharapkan keberlanjutan program selanjutnya.
Downloads
References
Anto, L. O., Fitriaman., Nurdin, E., & Sari, I. M. (2022). Edukasi Kesehatan dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) pada Era New Normal. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 36-41. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.30
Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 120-133. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332
Cikka. (2020). Konsep-Konsep Esensial Dari Teori Dan Model Perencanaan dalam Pembangunan Pendidikan. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2), 104-114. DOI:10.56488/scolae.v3i2.81
Dahlan, M. (2019). Problematika Putus Sekolah dan Pengangguran (Analisis Sosial Pendidikan). Jurnal Al-Ishlah, 11(20), 1-16. https://doi.org/10.31227/osf.io/h6vp7
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108-116.
Idrus, M. (2012). Mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan di daerah (Quality of Education and Equitable Education in Regions). Psikopedagogia, 1(2), 1-10.
Irawan, A., & Mulyadi, H. (2016). Pengaruh Keterampilan Wirausaha Terhadap Keterampilan Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus pada Distro Anggota Kreative Independent Clothing Kommunity di Kota Bandung). Journal of Business Management and Enterpreneurship Education, 1(1), 213-223. DOI: https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2290
Iswati. (2019). Long Life Education dalam Perspektif Hadits (Suatu Tinjauan Pendidikan Sejak Pranatal dan Analisis Terhadap Kualitas Hadits Pendidikan Sepanjang Hayat), At-Tajdid Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 3(2),126. DOI:10.24127/att.v3i2.1122
Jailani, M., Rusdarti, & Sudarma, K. (2017). Pengaruh Kewirausahaan, Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Orang Tua dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Journal of Economic Education, 6(1), 52-59.
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144-155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
Kartika, R. I. M. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengangguran di Indonesia: Peningkatan tingkat pengangguran di Indonesia terjadi karena adanya peningkatan jumlah angkatan kerja di Indonesia dan disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang gagal menciptakan lapangan kerja baru. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 64-66.
Khasanah, W. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam. Jurnal Riset Agama, 1(2), 296-307. https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14568
Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36-42, doi:10.36232/pendidikan.v7i2.301.
Lie, N. L. C., & Darmasetiawan, N. K. (2017). Pengaruh Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN pada Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1496-1514.
Mahayasa, I. G. A., Sumadi, N. K., Satriya, I. W. B., Devi, I. G. A. H. P., Yuniari, N. W. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi dan Lingkungan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa pada Universitas di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 11(5), 569-582.
Maryanto, R. I. P., & Chrismastianto, I. A. W. (2018). Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah ABC Manado. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3), 305-308.
Mulyana, A., Nuraini, H., Nirmala, N., Ramalia, T., & Kurniawan, A. (2021). Pendampingan Belajar Online Bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemic COVID-19. Abdi Pandawa- Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), 2(2), 1-7.
Munthe, A., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard pada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210.
Muslichatun, A. & Syamiya, E. N. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X Administrasi Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan Lab Business School. Journal of Business Education and Social, 1(1), 44-54.
Nirmala, N., Nuraini, H., & Swara, M. M. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kecamatan Teluk Naga Kab. Tangerang. Pelita: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah 18, 55-73
Safitri, D., & Nurkhin, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Muzaki melalui Kepuasan Muzaki dan Kepercayaan Muzaki. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 501-515. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31479
Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332
Saputri, S. W. (2020). Pengenalan Flash Card Sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 2(1), 56-61. DOI: https://doi.org/10.47080/abdikarya.v2i1.1061
Sumarlina., Napitupulu, T. F., Marseva, A. D., Hidayat, T., & Mahanani, R. S. (2023). Edukasi Peluang Usaha Frozen Food untuk Meningkatkan Kompetensi. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 196-204. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.87
Syamiya, E. N., Swara, M. M., Hubi, Z. B., & Cahyadijaya, Y. (2022). FKIP For Society: Penyuluhan Pendidikan dan Bakti Sosial di Cisarua Kabupaten Bogor. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 285-293. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1279
Umroh, I. L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Study Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 1 Sd Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan). Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 6, 39-57.
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4, 9-16.
Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Jurnal Al Mi’yar, 2(1), 41-56. DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v2i1.90
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Estu Niana Syamiya, Sri Lestari, Hery Nuraini, Aniek Widiarti, Lastry Forsia, Nirna Nirmala, Zindan Baynal Hubi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.