Berantas Gagap Teknologi pada Guru Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kompetensi Guru pada Wilayah 3T
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.401Keywords:
daerah 3t, gagap teknologi, media pembelajaran, kompetensi guru sdAbstract
Pendidikan di era digital menuntut guru untuk mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Namun, masih banyak guru sekolah dasar yang belum memiliki kemampuan yang memadai dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru-guru sekolah dasar dengan memberikan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru-guru yang akan mengurus sertifikasi sehingga kesehjateraan guru dapat terpenuhi. Selain itu juga memberikan pelatihan kepada guru-guru kabupaten sorong dalam pembuatan media pembelajarn berbasis digital. hal ini juga untuk mengembangkan kompetensi guru-guru dalam menunjang kualitas guru-guru yang berada di daerah 3T. Tahapan pelaksanaan kegiatan yaitu Persiapan dengan tahapan survei lapangan, observasi dan wawancara, dan analisis kebutuhan. Kemudian Pelaksanaan Program dengan tahap Perancangan prorgam, sosialisasi, Pelatihan, dan penerapan teknologi. Sedangkan tahapan terakhir adalah Monitoring dan Evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan keterampilan guru-guru SD Kabupaten Sorong dalam pembuatan media pembelajaran dan peningkatan keterampilan guru-guru SD Kabupaten Sorong. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini telah memberikan dampak positif kepada guru-guru SD berupa peningkatan keterampilan dan pengetahuan.
Downloads
References
Acesta, A., Setiawati, I., Triariani, M., & Ridwan, F. (2024). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru SD : Meningkatkan Kompetensi Menulis untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 3(2), 126-133.
Anugraheni, I. (2015). Identifikasi Kesulitan-kesulitan yang Dialami Guru-guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sorong Selatan. Jurnal Perkotaan, 7(1-2), 31-40. https://doi.org/10.25170/perkotaan.v7i1-2.269
Arieviel, R. S. (2021). Efek Gaptek dalam Pembelajaran Daring. Retrieved from https://www.serambiupdate.com/2021/08/efek-gaptek-dalam-pembelajaran-daring.html
Asiba, W. P. (2021). Pentingnya Teknologi bagi Guru pada Masa Pandemi Covid 19. OSF Preprints, 1(1), 1-9. https://osf.io/345zu
Chris, J. T. (2023). Kepegawaian, Pendidikan Dan Pelatihan Daerah Kabupaten Sorong.
Fitria, A. Z. (2023). Maladaptasi Guru Terhadap Penggunaan Teknologi Pembelajaran di Era Digital (Studi Pada MTsN 7 Ciamis). Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 3, 1349-1362.
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 2(1), 39-45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Ir. (2023). Arti Gaptek dalam Bahasa Gaul, Sinonim, dan Contoh Kalimatnya. Reyrieved from https://kumparan.com/pengertian-dan-istilah/arti-gaptek-dalam-bahasa-gaul-sinonim-dan-contoh-kalimatnya-21hz2dqKmTN/full
Jennifer. (2021). Gagap Teknologi di Masa Pandemi. Retrieved from https://teraspers.uajy.ac.id/gagap-teknologi-di-masa-pandemi/
Kemensesneg. (2020). Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024. Kementerian Sekretariat Negara, 018390, 1-8. Retrieved from https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/176108/Perpres_Nomor_63_Tahun_2020.pdf
Kontributor. (2023). Gap Pengetahuan Teknologi Digital Antar Guru dan Murid. Retrieved from https://digitalent.komdigi.go.id/artikel/gap-pengetahuan-teknologi-digital-antar-guru-dan-murid-176#
Liesdiani, M., Faulina, R., & Aini, N. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Powerpoint. Communnity Development Journal, 1(6), 597-602. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.131
Lukman, B., Salawati, F., Raffi, M., & Nova, S. (2017). Perkembangan Teknologi pada Masyarakat Desa Mantang RT 06 Kabupaten Bintan. Jurnal Masyarakat Maritim, 1(2), 1-6. https://www.neliti.com/publications/327890
Mangindaan, E. (2009). Permen PAN-RB Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Muallif. (2024). Daerah 3T: Pengertian, Permasalahan, dan Daftar Wilayahnya di Indonesia. Retrieved from https://an-nur.ac.id/daerah-3t-pengertian-permasalahan-dan-daftar-wilayahnya-di-indonesia/
Reinhard, S. (2019). Renstra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong Tahun 2019-2023.
Saputro, I. H., Fatimah, N., & Alam, U. M. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah sebagai Upaya Mendorong Produktivitas Guru. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 127-130. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29721
Stepanus, M. (2016). PerBup Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Tenis Dinas (Uptd) Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar Sorong Kabupaten Sorong. Retrieved from http://infoperaturan.id/jdih/peraturan-bupati-sorong-nomor-5-tahun-2016/
Ummah, M. S. (2015). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 131 tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal tahun 2015-2019.
Wikipedia. (2025). Kabupaten Sorong. Wikipedia. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Sorong
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Ali Kasri, Firman, Roni Andri Pramita, Laode Arham Aziz Pratamasakti, Rini Dwi Melani, Kundrat Agustinus Karay

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.