Penguatan Kompetensi Literasi Matematika dengan Menggunakan Konteks Layang-Layang
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.400Keywords:
intertwining, layang-layang, literasi matematikaAbstract
Kemampuan literasi matematik menjadi modal dasar bagi siswa untuk secara komperhensif mengenal, memahami, dan menyelesaikan masalah matematik dalam pembelajaran. Adapun tujuan yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu: 1) memberikan edukasi terkait memanfaatkan konteks matematik dengan mengutamakan kemampuan visual dalam pembelajaran untuk dapat memunculkan kemampuan literasi, 2) meningkatkan kompetensi literasi matematika siswa melalui pengenalan konteks layang-layang. Komposisi materi yang disajikan dalam pelatihan ini meliputi: 1) pembelajaran melalui penguatan literasi matematika; 2) mengenal literasi dan Numerasi; 3) konteks layang-layang dan materi matematika. Hasil yang didapat yaitu mampu menggiring pemahaman siswa mengenai keterkaitan/ intertwining konteks terhadap materi matematika sampai pada konteks dapat mengaitkan pada materi diluar matematik. Kesimpulan dari pelatihan ini yaitu: 1) Kemampuan memetakan intertwining materi terhadap konteks matematika dan juga wawasan bagaimana sebagai guru dan calon guru menggunakan konteks untuk proses pembelajaran, dimana tidak hanya mengenalkan namun menjadikan konteks matematik melalui kegiatan visual secara komperhensif. 2) Peningkatan kompetensi literasi matematik peserta ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap terhadap literasi yaitu sebanyak 77,4% peserta menyatakan bahwa kegiatan pelatihan sangat penting dilakukan dan memberikan dampak positif terhadap penguatan kompetensi literasi matematika peserta yang tentunya diharapkan memiliki kolerasi terhadap kompetensi literasi matematika siswa di sekolah
Downloads
References
Audrin, C., & Audrin, B. (2022). Key Factors in Digital Literacy in Learning and Education: A Systematic Literature Review Using Text Mining. Education and Information Technologies, 27, 7395–7419. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10832-5
Autin, G. H. (2007). The Artist Teacher Uses Proportions, the Math Teacher Helps Students Understand the How and Why, Fractions Fly the Kites. Journal for Learning through the Arts, 3(1), 1-20. https://doi.org/10.21977/d93110055
Bolstad, O. H. (2023). Lower Secondary Students’ Encounters with Mathematical Literacy. Mathematics Education Research Journal, 35(1). https://doi.org/10.1007/s13394-021-00386-7
Chang, I. (2023). Early Numeracy and Literacy Skills and Their Influences on Fourth-Grade Mathematics Achievement: A Moderated Mediation Model. Large-Scale Assessments in Education, 11(1), 1-22. https://doi.org/10.1186/s40536-023-00168-6
Fitri, S. D., Selfiyana, S., Selfiana, s., Khalimatus’sadiyah., Rakhmatika, I., Musyarofah., Afifah, N., Handiawan, M. D., Prayogi, A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Peserta Didik di MA Pembangunan Jakarta. Journal of Global and Multidisciplinary, 2(6), 1931-1940.
Goos, M., Geiger, V., & Dole, S. (2014). Transforming professional practice in numeracy teaching. Springer: New York.
Gürbüz, R., & Çalık, M. (2021). Intertwining Mathematical Modeling with Environmental Issues. Problems of Education in the 21st Century, 79(3), 412-424. https://doi.org/10.33225/pec/21.79.412
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905-910.
Kadir, & Masi, L. (2014). Penggunaan Konteks dan Pengetahuan Awal Matematika dalam Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Using Context and Mathematical Prior Knowledge in Learning Students’ Creativity Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 52-66.
Katranci, Y., & Şengül, S. (2019). The Relationship Between Mathematical Literacy and Visual Math Literacy Self-Efficacy Perceptions of Middle School Students. Pegem Journal of Education and Instruction, 9(4), 1113-1138. https://doi.org/10.14527/pegegog.2019.036
Kohar, A. W., Zulkardi. (2015). Developing PISA-like mathematics tasks for investigating Indonesian students’ profile of mathematical literacy. Journal on Mathematics Education, 7(1), 1-10.
Matondang, K., Saragih, R. M. B., & Daulay, L. A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3). 142-148. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.595
Mclennan, D. P. (2023). Playing with Literacy and Math. In Joyful Math. Routledge: London.
Mustika, J. (2022). Oemah Matematika: Pendampingan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Anak-Anak di Kelurahan Yosorejo. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1), 101-107. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1899
Putri, R. I. I., & Zulkardi, Z. (2019). Designing Jumping Task on Percent using PMRI and Collaborative Learning. International Journal on Emerging Mathematics Education, 3(1), 105-116.https://doi.org/10.12928/ijeme.v3i1.12208
Soleh, R., Ristontowi, R., & Ramadianti, W. (2024). Mathematics Concepts in Making Kites as a Tool in Ethno-STEM Based Learning. International Journal of STEM Education for Sustainability, 4(1), 24-37. https://doi.org/10.53889/ijses.v4i1.301
Sa’dijah, C., Purnomo, H., Abdullah, A. H., Permadi, H., Anwar, L., Cahyowati, E. T. D., & Sa’diyah, M. (2023). Students’ Numeracy Skills in Solving Numeracy Tasks: Analysis of Students of Junior High Schools. AIP Conference Proceedings, 2569(1). https://doi.org/10.1063/5.0113664
Sari, A. F., & Noviartati, K. (2022). Penggunaan Konteks dalam Implementasi Pendidikan Matematika Realistik Indonesia oleh Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 5(2), 84-92. https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4616
Suryanti, S., Arifani, Y., Tristanti, L. B., & Khomariyah, N. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mendesain Tugas Berbasis Masalah. Jurnal SOLMA, 12(2), 818-826. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12601
Sutrianto, Rahmawan, N., Hadi, S., & Fitriono, H. (2016). Panduan Gerakan literasi di Sekolah Dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Syutaridho, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Discovery Learning pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 185-195. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i2.4367
Syutaridho, S., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Keliling, Luas Persegi dan Persegi Panjang dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63-80. https://doi.org/10.22342/jpm.6.1.4075.
Zulkardi, Z. (2013). Designing Joyful and Meaningful New School Mathematics Using Indonesian Realistic Mathematics Education. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 3(1), 17-25. https://doi.org/10.46517/seamej.v3i1.22
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Syutaridho, Ratu Ilma Indra Putri, Zulkardi, Darmawijoyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.