Identifikasi Gaya Belajar sebagai Dasar Penerapan Metode Deep learning dalam Proses Pembelajaran

Authors

  • Tabitha Sri Hartati Wulandari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Tika Devi Saraswati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Novanda Eka Refani Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.392

Keywords:

deep learning, gaya belajar, identifikasi, implementasi

Abstract

Identifikasi karakteristik siswa pada awal pembelajaran sangat penting dilakukan dan data yang diperoleh sebagai pijakan guru dalam pembelajaran. Gaya belajar merupakan salah satu karakteristik peserta didik, dengan mengetahui gaya belajar peserta didik, maka akan memudahkan guru dalam mengimplementasikan pendekatan deep learning dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengakomodasi kebutuhan belajar yang beragam dari siswa-siswa dengan identifikasi gaya belajar siswa sebagai dasar mengimplementasikan pendekatan deep learning dalam pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran deep learning dan memanfaatkan teknologi, para guru dilatih untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa dengan lebih efisien. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan workshop secara klasikal yang melibatkan guru SD N Kutoerjo 3. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelatihan yang telah diberikan memberikan dampak yang signifikan bagi para guru dalam mengidentifikasi gaya belajar di awal pembelajaran, sehingga dapat merancang pembelajaran yang lebih inklusif serta responsif terhadap perbedaan karakteristik siswa dalam gaya belajarnya. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan dari 50% menjadi 94%, atau kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhafi, N.. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di Smp Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), 1133-1142. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i5.1203

Ananda, I. K. N., Dewi, N. P. N. P., Marti, N. W., & Dewi, L. J. E. (2024). Klasifikasi Multilabel pada Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar menggunakan Algoritma Machine Learning. Journal of Applied Computer Science and Technology ( JACOST ) 5(2), 144-154. https://doi.org/10.52158/jacost.v5i2.940

Anggara, B., Wandari, W., Nugraha, A., Saparudin, I., & Tasman, M. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Penguatan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Hypothetical Learning Trajectory. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 45-58. https://doi.org/10.31943/abdi.v5i1.91

Angyanur, D., Nurhidayati., Azzahra, S. L., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap Gaya Belajar Siswa di MI/SD. JIPDAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 41-51.

Atikah, I., Fauzi, M. A. R., & Firmansyah, R. (2023). Penerapan Strategi Diferensiasi Konten dan Proses Pada Gaya Belajar Berbasis Model Problem Based Learning. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.57

Asnawi., Sahudra, T. M., Ramadhani, D., Kenedi, A. K., Wardana, M. R., & Khalil, N. A. (2023). Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar dan Tes Diagnostik: Membangun Pembelajaran Berdiferensiasi Yang Efektif dan Inklusif. Deepublish: Sleman.

Baniata, L. H., Kang, S., Alsharaiah, M. A., & Baniata, M. H. (2024). Advanced Deep learning Model for Predicting the Academic Performances of Students in Educational Institutions. Applied Sciences, 14(5), 1963. https://doi.org/10.3390/app14051963

Bawadi, S., Novaliyosi, N., Pujiastuti, H., Yuhana, Y., & Hendrayana, A. (2023). Implementation of Teacher and Student Independent Curriculum in Mathematics Learning: Systematic Literature Review. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 602-609. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1292

Chantika, H., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Teori Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pengaruhnya dalam Mengidentifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13896-13907

Dariyani, N., Marlina, L., Sriyanti, I., Sudirman, S., & Meilinda, M. (2022). Learning Style Analysis for Differentiated New Paradigm Learning in Public Senior High School 1 Semendawai Suku III East Oku. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 6(3), 246-256. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i3.25704

Demir, S. (2021). The Impact of Differentiated Instructional Media on the Motivation and Opinions of Students towards Science Learning in Terms of Learning Styles. Shanlax International Journal of Education, 9(3), 16-25. https://doi.org/10.34293/education.v9i3.3723

Essa, S. G., Celik, T., & Hendricks, H. N. (2023). Personalized Adaptive Learning Technologies Based on Machine Learning Techniques to Identify Learning Styles: A Systematic Literature Review. IEEE Access, 20, 1-2. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2023.3276439

Herdian, H., Nur’aeni, N., & Septiningsih, D. S. (2021). Pelatihan Identifikasi Gaya Belajar Siswa pada Kelompok Guru SD Muhammadiyah 1 dan SD Muhammadiyah 2 Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap. Community Empowerment, 6(2), 105-111. https://doi.org/10.31603/ce.4396

Kamaliah, N., & Rahman, J., Fadila, A. (2021). Pengaruh Gaya Belajar dan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Pelatihan Fungsional Peneliti. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 9(2), 200-208. https://doi.org/10.36052/andragogi.v9i2.247

Khoiri, A. A., Hendratmoko, A. F., Santosa, R. P., Bahasa, P., & Inayatillah, F. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Pemetaan Gaya Belajar Peserta Didik Melalui Asesmen Diagnostik bagi para Guru Sanggar Belajar Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia. (JURPIKAT) Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(4), 1132-1143. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i4.1920

Menghani, G. (2023). Efficient Deep learning: A Survey on Making Deep learning Models Smaller, Faster, and Better. ACM Computing Surveys, 55(12). https://doi.org/10.1145/3578938

Nguyen, V. A. (2022). A Model to Detect Student’s Learning Styles in The Blended Learning Course. ACM International Conference Proceeding Series, 58, 46-51. https://doi.org/10.1145/3545862.3545870

Nurlatifah, A., & Munandar, K. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.87

Rasheed, F., & Wahid, A. (2021). Learning Style Detection in E-Learning Systems Using Machine Learning Techniques. Expert Systems with Applications, 174, 1-24. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2021.114774

Ria, T. N., & Kurniati, L. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guru-Guru SMPN 4 Demak. Jurnal Awam, 3(1), 13-18.

Simorangkir, M. R., Siregar, E., Manalu, R., Gunawan, R., Sinaga, D., & Sebayang, M. (2023). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Satuan Pendidikan. EPIC: Jurnal Pendidikan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 66-73.

Sulistyanto, H., Prayitno, H. J., Anif, S., & Narimo, S. (2022). Learning Applications Training with Learning Style- Based Materials According to the Character of Elementary School Students Pelatihan Aplikasi Pembelajaran dengan Materi Berbasis Gaya Belajar Sesuai Karakter Siswa SD. Prosiding 16th Urecol: Seri Pengabdian Masyarakat, 170-175.

Sinaga, C. V. R., Sijabat, A., & Munthe, M. V. R. (2025). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guru-Guru SD N.091483 Jorlang Hataran sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 377-382. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11795

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Wulandari, T. S. H., Mizan, S., Wiratsiwi, W., Agustin, I., Saraswati, T. D., & Eka Refani, N. (2025). Identifikasi Gaya Belajar sebagai Dasar Penerapan Metode Deep learning dalam Proses Pembelajaran. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 193–202. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.392

Issue

Section

Articles

Categories