Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Media Teknologi dengan Pendekatan Lesson Study untuk Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.385Keywords:
inovasi pembelajaran, lesson study, model pembelajaran berbasis teknologi, pelatihan guru, pendidikan dasarAbstract
Dunia pendidikan yang terus berkembang menuntut guru dapat memahami pendekatan yang lebih relevan dengan kebutuhan zaman sehingga membutuhkan penguasa pembelajaran yang inovatif dan terintegrasi teknologi sehingga proses belajar mengajar berlangsung efektif dan berkualitas. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan mutu pembelajaran guru melalui pelatihan implementasi model pembelajaran berbasis media teknologi dan penerapan Lesson Study. Adapun pelaksanaan pengabdian bertempat di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung dengan 21 guru sebagai partisipan. Kegiatan peningkatan mutu pembelajaran guru dilaksanakan melalui empat tahapan utama, yaitu survei awal untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan, pelatihan terstruktur yang interaktif mengenai model pembelajaran, media digital, dan konsep Lesson Study, pendampingan langsung kepada guru dalam penerapan pembelajaran, serta evaluasi kegiatan untuk mengetahui dampak dan kendala. Hasil survei menunjukkan bahwa 74% peserta sangat setuju dan 24% setuju bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi guru. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan pengabdian ini melalui pelatihan, pendampingan dan evaluasi akan efektif untuk mendukung kompetensi guru dan kualitas pembelajaran.
Downloads
References
Arrosyad, M. I. (2024). 5 Media Teknologi Pembelajaran: Pengertian, Implementasi, dan Langkah Penggunaannya. Qriset Indonesia: Banjar Negara
Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2022). Pengembangan Digital Transformasi Role Playing Games (RPG) Base Learning pada Pendidikan Kemuhammadiyah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3462-3472. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2626
Arrosyad, M. I., Nugroho, F., & Ardiansah, F., (2024). Sosialisasi Media Interaktif Berbasis Aplikasi Role Playing Games (RPG) bagi Guru SDN 5 Mendobarat. Integratif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 16-23.
Darnawati., Jamiludin., Batia, L., Irawaty., & Salim. (2023). Pendampingan Guru-Guru SMP dalam Melaksanakan Open Kelas melalui Pendekatan Lesson Study di Sekolah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 245-252.
Hanai, Y., Ishihata, H., Zhang, Z., Maruyama, R., Kasai, T., Kameda, H., & Sugiyama, T. (2022). Temporal and Locational Values of Images Affecting the Deep Learning of Cancer Stem Cell Morphology. Biomedicines, 10(5), 941. https://doi.org/10.3390/biomedicines10050941
Hidayati, N., & Prabowo, H. (2019). The Role Of Institutional Support in Community Service Programs. Journal of Community Engagement, 5(2), 45-58.
Hidayati, N., Prabowo, H., & Setiawan, B. (2021). Evaluating community service programs: Measuring impact and effectiveness. Journal of Community Engagement, 7(1), 15- 30.
Iskandar, A., Rahman, F., & Sari, D. (2022). Effective Training Materials for Teacher Development: A Study on Community Service Programs. International Journal of Educational Research, 10(1), 23-34.
Maisuna, K., Latifah, A. N., Laili, M. R., & Susilo, H. (2019). Peningkatan keterampilan kolaborasi dan literasi digital melalui pembelajaran biologi berbasis Lesson Study mahasiswa S1 pendidikan biologi Universitas Negeri Malang. Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi-IPA dan Pembelajarannya. 4, 232-238.
Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2021). The Implementation of Blended Learning Method Using Articulated Storyline in Class 4 Fraction Learning, Muhammadiyah Primary School, Pangkalpinang. Berumpun: International Journal of Social, Politics, and Humanities, 4(1), 40-47. https://doi.org/10.33019/berumpun.v4i1.46
Rahmawati, R., & Sari, M. (2021). Time Management in Community Service Activities: Enhancing Participation and Engagement. Journal of Educational Development, 8(3), 67-75.
Rahmawati, R., & Sari, M. (2022). The role of relevant training in enhancing teacher competence and motivation. International Journal of Educational Research, 11(2), 45-60.
Rahmawati, D. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 123-130.
Supriyadi, A. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Tarbiyah, 15(1), 45-58.
Santoso, E. (2019). Lesson Study as a Pattern of Professional Development Teacher. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Sucilestari, R., & Arizona, K. (2019). Kelas inspirasi berbasis media real melalui pendekatan perguruan tinggi sebagai pengemban amanah dalam menjawab tantangan zaman. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 23-34. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.964
Supriyadi, A., & Lestari, Y. (2020). Collaborative Approaches in Teacher Development: The Impact of Teacher Working Groups. Journal of Educational Development, 9(3), 78-92.
Supriyadi, A., Setiawan, B., & Lestari, Y. (2020). Collaborative Approaches in Community Service: Engaging Schools for Better Outcomes. Journal of Community Development, 12(4), 112-125.
Widiastuti, L., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 13(1), 563-572.
Yuanita, Y. (2019). Tingkat Keterampilan Dasar Mengajar Calon Guru Sekolah Dasar pada Perkuliahan Mikroteaching. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 69-84. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1952
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Yuanita, M. Iqbal Arrosyad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.