Peningkatan Keterlibatan Siswa Melalui Penguatan Self-efficacy dan Nilai Kegunaan Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.381Keywords:
matematika, pengabdian, problem base learning, self-efficacyAbstract
Matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan membingungkan oleh banyak siswa, termasuk di SD Muhammadiyah 7 Surabaya, yang mengakibatkan rendahnya motivasi belajar dan kepercayaan diri dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan self-efficacy siswa dan pemahaman mereka tentang kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL). Metode yang diterapkan meliputi pelatihan bagi guru tentang strategi pembelajaran yang mendukung peningkatan motivasi dan kepercayaan diri siswa, serta sosialisasi kepada siswa mengenai penerapan matematika dalam kehidupan nyata. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan pada self-efficacy dan pemahaman kegunaan matematika, dengan 40% siswa merasa sangat percaya diri setelah program dan 70% siswa dapat menyebutkan minimal tiga contoh penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, program ini berhasil meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, dan pemahaman siswa terhadap matematika, yang dapat berdampak positif pada pencapaian akademik mereka di masa depan.
Downloads
References
Amien, S., Abidin, R., Hidayatullah, A., & Ridlwan, M. (2023). Investigating the Source of Student Self-efficacy and its Relations to Affective Factors in Mathematics Learning. Journal of Elementary Education, 16(4), 375-391. https://doi.org/10.18690/rei.2463
Apriani, F., & Sudiansyah. (2024). Dampak Kurangnya Praktik dalam Pelajaran Matematika: Pentingnya Latihan Terstruktur Bagi Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (AL KHAWARIZMI), 4(1), 40-49.
Cita, A., Nurimani, N., & Permadi, A. (2021). Hubungan Rasa Percaya Diri Siswa dengan Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 3, 222-228
Dewi, N. R., & Ardiansyah, A. S. (2022). Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Lakeisha: Jawa tengah
Hidayatullah, A., Abidin, R., & Muqit, A. (2024). Motivation and Behavioral Engagement: The Mediating Role of Mathematics Self-efficacy in Primary Education. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 17(3), 237-246. https://doi.org/10.7160/eriesj.2024.170306
Hidayatullah, A., & Csíkos, C. (2024). The Role of Students’ Beliefs, Parents’ Educational Level, and the Mediating Role of Attitude and Motivation in Students’ Mathematics Achievement. Asia-Pacific Education Researcher, 33(2), 253-262. https://doi.org/10.1007/s40299-023-00724-2
Mahendra, F. E., Hasanudin, H., Reawaruw, M. F., Rahmadhani, N. M., & Andini, R. (2024). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Matematika Melalui Literasi Numerasi Program Kampus Mengajar. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(1), 55-65.
Mutiara, T., Safrizal, S., & Yulnetri, Y. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12 Andaleh Baruh Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(2), 96-105. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i2.1345
Oktavia, R., & Hidayati, F. H. (2022). Dampak Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Matematika pada Jenjang SMA. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(2), 27-37. https://doi.org/10.30957/cendekia.v16i2.666
Ramadhini, D. A., & Kowiyah, K. (2022). Analisis Self-efficacy dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2475-2488. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1581
Rahmalia, S. M.. & Safari, Y. (2024). Pentingnya Konsep Dasar Matematika di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 9847-9855. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14671
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. STAIN Palopo: Palopo.
Saputra, H. (2024). Perkembangan Berpikir Matematis Pada Anak Usia Sekolah Dasar. JEMARI: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 2024.
Saputra, H. (2024). Peran Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran Matematika di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(5), 313-329. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i5.1230
Sa’di, D. R., Firdaus, N. P. N., Sinaga, R. D. H., & Yonvitra, N. H. (2023). Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i2.232
Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3078-3086. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1423
Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45-59..
Sofiyah, K., Nasution, N. E., Amelia, A., & Hutagalung, L. A. (2025). Pengaruh Kesadaran Siswa Terhadap Pentingnya Matematika dalam Karir di Era Digital dan Ekonomi Berbasis Pengetahuan. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(1), 111-118. https://doi.org/10.62383/aliansi.v2i1.673
Srijayarni, E. (2024). Problematika Kepercayaan Diri Rendah Siswa dan Penanganan (Studi Kasus pada Siswa Di SMA Negeri 1 Pangkep). Universitas Negeri Makassar: Makassar.
Sukmawati, R. K., Yusritawati, I., Salsabila, S., Dewi, M. F., & Wulandari, I. (2023). Analisis Self Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Cigugur dengan Kurikulum Merdeka. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2218-2229. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.444
Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-Hari dalam Masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1-10.
Widyastika, D., Sitorus, R. H., & Dekar, M. (2024). Socialization of the Application of Mathematics and Science in Daily Life to Elementary School Students. Journal of Community Development, 2(1), 12-15.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Achmad Hidayatullah, Ardiyani Sekarningrum, Sri Lestari, Deni Adi Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.