Penggunaan Media Interaktif Berbasis Time To Climb Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.376Keywords:
guru, media, mutu pembelajaran, time to climbAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SMAs Muhammadiyah Lempangang dengan fokus pada penggunaan media interaktif berbasis teknologi, khususnya aplikasi Time to Climb. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan rendahnya penguasaan guru terhadap teknologi pembelajaran, yang menghambat inovasi dalam proses pembelajaran. Pelatihan yang diberikan meliputi sosialisasi, penggunaan Time to Climb, serta desain media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman guru mengenai penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Sebagian besar peserta merasa lebih percaya diri dan siap untuk mengimplementasikan Time to Climb dalam kelas mereka. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan, dengan memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan teknologi dan waktu persiapan, namun hal ini dapat diatasi dengan perencanaan lebih lanjut dan dukungan fasilitas yang lebih baik. Dapat disimpulkan bahwa, kegiatan PKM ini memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMAs Muhammadiyah Lempangang dan diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain
Downloads
References
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327
Anyan, A., Benediktus, E., & rekan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Powerpoint. JUTECH: Journal Education and Technology, 1(1), 14-21. DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690
Basori, M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i2.211
Bitu, Y. S., Setiawi, A. P., Bili, F. G., Iriyani, S. A., & Patty, E. N. S. (2024). Pembelajaran interaktif: Meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 5(2), 193-198.
Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76-83.
Eunike. (2022). Tantangan Mutu Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 33-41.
Fitri, Z., Akbar, M. Z., & Ula, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 5(1), 106-124.
Geni, K. H. Y. W., & Sudarma, I. K. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1-16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1-13.
Hayya’, L. A. (2023). Dampak Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pendidikan. Eksponen, 13(2), 66-76. https://doi.org/10.47637/eksponen.v13i2.788
Kartika, I., & Arifudin, O. (2022). Implementasi manajemen mutu pembelajaran sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 78–85.
Kaswar, A. B. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif (Model POE) Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penjaminan Mutu Pendidikan, 9(2), 134-143.
Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1-12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33
Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 365-376.
Putrianingsih, R. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Dalam Konteks Sekolah Efektif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 105-112.
Rahayu, S., Rosadi, K. I., & Alfian, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Al-Miskawaih: Journal of Islamic Education, 3(2), 85-92.
Rudolph, C. W., Allan, B. A., Clark, M., Hertel, G., & Zacher, H. (2017). Career Adaptability: A Meta-Analysis of Relationships with Measures of Adaptivity, Adapting Responses, and Adaptation Results. Journal of Vocational Behavior, 98, 17-34.
Sakdiah, H., & Syahrani, S. (2022). Pengembangan Standar Isi dan Standar Proses dalam Pendidikan guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Cross-border, 5(1), 622-632..
Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 101-115. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.105
Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. WARTA LPM, 20(1), 9-16.
Suartama, I. K. (2010). Pengembangan Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(3), 253-262.https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.130
Sutarno, E., & Mukhidin, M. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY, 21(3), 203-218.
Wahyudin, A. Y., Darwis, D., & Cindiyasari, S. A. (2023). Penerapan Smart School untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Pelayanan di SMK Islam Adiluwih Pringsewu Provinsi Lampung. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, 1-10.
Zainuddin, Z. (2018). Pembelajaran Inovatif dengan Teknologi: Solusi di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1), 55-63.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Sandi Pratama, Walida Mustamin, Nasruni; Luki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.