Pengembangan Produk Lokal sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.374Keywords:
digital marketing, ekonomi, inovasi produk, pengembangan produkAbstract
Program pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberdayakan kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dengan meningkatkan daya saing produk lokal. Produk lokal desa, yang mencakup kerajinan tangan, makanan tradisional, dan jamu olahan, menghadapi kendala dalam inovasi produk, pemasaran, dan branding. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk, memperkuat branding dan kemasan, serta memperluas akses pasar melalui pemasaran digital. Metode yang digunakan meliputi pelatihan teknis, pendampingan langsung, dan praktik mandiri yang difokuskan pada penggunaan alat penepung, pembuatan konten promosi, serta pengelolaan e-commerce. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta, dengan 85% peserta aktif menggunakan alat penepung, 70% produk dinilai layak jual, dan terdapat peningkatan omzet sebesar 25-40%. Selain itu, pemasaran digital melalui media sosial dan marketplace menunjukkan peningkatan engagement yang signifikan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pelatihan dan pendampingan yang terintegrasi dapat meningkatkan kapasitas anggota PKK dalam mengelola usaha secara profesional dan berkelanjutan, serta berkontribusi pada peningkatan ekonomi desa.
Downloads
References
Abdulloh, A., Sudarmiatin, S., & Wardana, L. W. (2024). Product Innovation and Marketing Management of Umkm Food and Beverages Amid Global Competition: Surabaya City Case Study. Nusantara Economics and Entrepreneurships Journals, 2(3), 243-255. https://doi.org/10.59971/necent.v2i3.51
Aisyah, N. A. N., Hendrati, I. M., & Wardaya, W. (2024). Adaptasi Digital Marketing dalam Rangka Mewujudkan Ekonomi Kreatif UMKM di Kelurahan Penjaringansari. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 45. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v7i1.1723
Antoni, & Karlin. (2024). Pengaruh Inovasi Produk, Literasi Keuangan, dan Akses Pembiayaan terhadap Pertumbuhan UMKM di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan West Science, 3(3), 227-238. https://doi.org/10.58812/jakws.v3i03.1599
Bacq, S., & Kickul, J. R. (2022). Social Entrepreneurship. Oxford University Press: Inggris. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190224851.013.308
Bangsa, A. C. L. (2024). Hubungan Paradigma, Strategi, dan Tantangan dalam Konsep Pemasaran. Jumba (Journal of Management and Bussiness Alifana), 2(2).
Budiarti, L., Mellinia, S. P., Fadhila, L. S., Su’daa, S. N., Zaen, M. R., & Noviyanti, S. E. (2024). Digital Marketing sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM di Era Digital. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 435-453. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21760
Da’im, S., Ali, M., Novita, D., Fais, M. A., & Irwansyah; (2025). Analisis Ekonomi Kreatif dan Penggunaan Teknologi Digital Studi tentang Transformasi dan Peluang Pertumbuhan Bisnis. Jurnal Lentera Bisnis, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i1.1258
Fathahillah, F., Sanatang, S., Dirawan, D. G., Muchtar, A., Zainuddin, Z. (2022). PKM Pelatihan Desain Grafis pada Siswa SMA Negeri 3 Gowa. PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2), 106-109.
Handayani, A. D. (2023). Digitalisasi Umkm: Peningkatan Kapasitas melalui Program Literasi Digital. Jurnal Signal, 11(1), 2337-4454.
Heryani, H., Utomo, U., Zulkarnain, A. F., & Yanti, N. R. (2024). Peningkatan “Nilai” Produk Mitra UMKM dengan Penguatan Branding dan Advertising Menerapkan Prinsip Green Economy. IKRA-ITH ABDIMAS, 8(3), 423–429.
Jha, N., & Behera, N. R., & Manjunath. (2016). Digital Marketing - A Conceptual View. 1(2), 259-266.
Masrukhan, M., & Isnaini, R. K. (2025). Optimalisasi Teknologi dan Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Bakpia Wong Yogyakarta. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen dan Ekonomi Syariah, 3(1), 282–300. https://doi.org/10.61132/nuansa.v3i1.1630
Noor, I. T., Syakirotin, M., & Wicaksono, S. L. (2024). Peningkatan Nilai Tambah Daun Anggur sebagai Diversifikasi Ekonomi Pedesaan Berdaya Saing untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Jurnal SOLMA, 13(2), 1278–1288. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15187
Novita, D., Ali, M., Ariani, B., & Firman; (2024). Peningkatan Kemandirian Ekonomi PKK Desa Bettet melalui Budidaya dan Pengolahan Tanaman Toga Berbasis Hidroponik. Jurnal SOLMA, 13(3), 1816–1826. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16419
Novita, M., Senowarsito, S., Hermana, R., & Sutomo, S. (2024). Regional Empowerment Through Tuberose-Based Msme Product Innovation and Appropriate Technology in Doplang Village. Community Empowerment, 9(12), 1899–1908. https://doi.org/10.31603/ce.12358
Sari, N., Syari, R. L., Rio., Humairo., & Pandi, A. (2025). Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UMKM di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 4(1), 21–29. https://doi.org/10.58540/jipsi.v4i1.787
Samsuki, & Wispandono, M. (2025). Development of Micro, Small and Medium Enterprises Through Creativity and Product Innovation: Empirical Study of Pamekasan Regency MSME Players. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1441(1), 1-7. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1441/1/012046
Samuel, H. (2020). Two Qualified Models of Learning By Doing. Journal of Economics and International Finance, 12(3), 130–141. https://doi.org/10.5897/jeif2020.1062
Saribu, D. T., & Maranatha, E. G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran terhadap Penjualan Pada PT. Astragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 6(1), 1-6.
Simanjuntak, G. Y., Ginting, M. C., Sagala, F., Sagala, L., Elisabeth, D. M., Silitonga, I. M., Nadapdap, K. M. N., Goh, T. S., Simanjuntak, F. M. P., & Sembiring, Y. N. (2024). Strategy for Improving Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) Through Innovation in Medan, North Sumatra. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 3(7), 377–384. https://doi.org/10.55927/jpmb.v3i7.10501
Tan, M. (2023). Digital Marketing Logic, Mechanism, Strategy and Evaluation. Advances in Economics, Management and Political Sciences, 33(1), 46–53. https://doi.org/10.54254/2754-1169/33/20231631
Tripathy, C. R., & Katyayn, A. (2021). Product Development Process-an Industrial Perspective. Springer: New York.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Dina Novita, Moh Ali; Suli Da'im

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.