Pengembangan Produk Lokal sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.374

Keywords:

digital marketing, ekonomi, inovasi produk, pengembangan produk

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberdayakan kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dengan meningkatkan daya saing produk lokal. Produk lokal desa, yang mencakup kerajinan tangan, makanan tradisional, dan jamu olahan, menghadapi kendala dalam inovasi produk, pemasaran, dan branding. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk, memperkuat branding dan kemasan, serta memperluas akses pasar melalui pemasaran digital. Metode yang digunakan meliputi pelatihan teknis, pendampingan langsung, dan praktik mandiri yang difokuskan pada penggunaan alat penepung, pembuatan konten promosi, serta pengelolaan e-commerce. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta, dengan 85% peserta aktif menggunakan alat penepung, 70% produk dinilai layak jual, dan terdapat peningkatan omzet sebesar 25-40%. Selain itu, pemasaran digital melalui media sosial dan marketplace menunjukkan peningkatan engagement yang signifikan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pelatihan dan pendampingan yang terintegrasi dapat meningkatkan kapasitas anggota PKK dalam mengelola usaha secara profesional dan berkelanjutan, serta berkontribusi pada peningkatan ekonomi desa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulloh, A., Sudarmiatin, S., & Wardana, L. W. (2024). Product Innovation and Marketing Management of Umkm Food and Beverages Amid Global Competition: Surabaya City Case Study. Nusantara Economics and Entrepreneurships Journals, 2(3), 243-255. https://doi.org/10.59971/necent.v2i3.51

Aisyah, N. A. N., Hendrati, I. M., & Wardaya, W. (2024). Adaptasi Digital Marketing dalam Rangka Mewujudkan Ekonomi Kreatif UMKM di Kelurahan Penjaringansari. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 45. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v7i1.1723

Antoni, & Karlin. (2024). Pengaruh Inovasi Produk, Literasi Keuangan, dan Akses Pembiayaan terhadap Pertumbuhan UMKM di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan West Science, 3(3), 227-238. https://doi.org/10.58812/jakws.v3i03.1599

Bacq, S., & Kickul, J. R. (2022). Social Entrepreneurship. Oxford University Press: Inggris. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190224851.013.308

Bangsa, A. C. L. (2024). Hubungan Paradigma, Strategi, dan Tantangan dalam Konsep Pemasaran. Jumba (Journal of Management and Bussiness Alifana), 2(2).

Budiarti, L., Mellinia, S. P., Fadhila, L. S., Su’daa, S. N., Zaen, M. R., & Noviyanti, S. E. (2024). Digital Marketing sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM di Era Digital. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 435-453. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21760

Da’im, S., Ali, M., Novita, D., Fais, M. A., & Irwansyah; (2025). Analisis Ekonomi Kreatif dan Penggunaan Teknologi Digital Studi tentang Transformasi dan Peluang Pertumbuhan Bisnis. Jurnal Lentera Bisnis, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i1.1258

Fathahillah, F., Sanatang, S., Dirawan, D. G., Muchtar, A., Zainuddin, Z. (2022). PKM Pelatihan Desain Grafis pada Siswa SMA Negeri 3 Gowa. PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2), 106-109.

Handayani, A. D. (2023). Digitalisasi Umkm: Peningkatan Kapasitas melalui Program Literasi Digital. Jurnal Signal, 11(1), 2337-4454.

Heryani, H., Utomo, U., Zulkarnain, A. F., & Yanti, N. R. (2024). Peningkatan “Nilai” Produk Mitra UMKM dengan Penguatan Branding dan Advertising Menerapkan Prinsip Green Economy. IKRA-ITH ABDIMAS, 8(3), 423–429.

Jha, N., & Behera, N. R., & Manjunath. (2016). Digital Marketing - A Conceptual View. 1(2), 259-266.

Masrukhan, M., & Isnaini, R. K. (2025). Optimalisasi Teknologi dan Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Bakpia Wong Yogyakarta. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen dan Ekonomi Syariah, 3(1), 282–300. https://doi.org/10.61132/nuansa.v3i1.1630

Noor, I. T., Syakirotin, M., & Wicaksono, S. L. (2024). Peningkatan Nilai Tambah Daun Anggur sebagai Diversifikasi Ekonomi Pedesaan Berdaya Saing untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Jurnal SOLMA, 13(2), 1278–1288. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15187

Novita, D., Ali, M., Ariani, B., & Firman; (2024). Peningkatan Kemandirian Ekonomi PKK Desa Bettet melalui Budidaya dan Pengolahan Tanaman Toga Berbasis Hidroponik. Jurnal SOLMA, 13(3), 1816–1826. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16419

Novita, M., Senowarsito, S., Hermana, R., & Sutomo, S. (2024). Regional Empowerment Through Tuberose-Based Msme Product Innovation and Appropriate Technology in Doplang Village. Community Empowerment, 9(12), 1899–1908. https://doi.org/10.31603/ce.12358

Sari, N., Syari, R. L., Rio., Humairo., & Pandi, A. (2025). Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UMKM di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 4(1), 21–29. https://doi.org/10.58540/jipsi.v4i1.787

Samsuki, & Wispandono, M. (2025). Development of Micro, Small and Medium Enterprises Through Creativity and Product Innovation: Empirical Study of Pamekasan Regency MSME Players. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1441(1), 1-7. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1441/1/012046

Samuel, H. (2020). Two Qualified Models of Learning By Doing. Journal of Economics and International Finance, 12(3), 130–141. https://doi.org/10.5897/jeif2020.1062

Saribu, D. T., & Maranatha, E. G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran terhadap Penjualan Pada PT. Astragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 6(1), 1-6.

Simanjuntak, G. Y., Ginting, M. C., Sagala, F., Sagala, L., Elisabeth, D. M., Silitonga, I. M., Nadapdap, K. M. N., Goh, T. S., Simanjuntak, F. M. P., & Sembiring, Y. N. (2024). Strategy for Improving Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) Through Innovation in Medan, North Sumatra. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 3(7), 377–384. https://doi.org/10.55927/jpmb.v3i7.10501

Tan, M. (2023). Digital Marketing Logic, Mechanism, Strategy and Evaluation. Advances in Economics, Management and Political Sciences, 33(1), 46–53. https://doi.org/10.54254/2754-1169/33/20231631

Tripathy, C. R., & Katyayn, A. (2021). Product Development Process-an Industrial Perspective. Springer: New York.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Novita, D., Ali, M., & Da'im, S. (2025). Pengembangan Produk Lokal sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 323–331. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.374

Issue

Section

Articles

Categories