Realisasi Program Pengabdian KKN di Daerah Perdesaan Bagian Pedalaman Papua Barat

Authors

  • Jamius Bin Stepanus Universitas Papua
  • Kristian Ronaldo Momo Universitas Papua
  • Adinri Rizki Nabila Universitas Papua
  • Yansi Ratte Universitas Papua
  • Olivia Sau Padang Universitas Papua
  • Sugi Tiber Hutasoit Universitas Papua
  • Julia Cindy Fertikasari Universitas Papua
  • Frengky V.L.P. Worengga Universitas Papua
  • Oktofina Mayor Universitas Papua
  • Intan Komariah Universitas Papua
  • Martina M. Jitmau Universitas Papua
  • Isayas Gobai Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.371

Keywords:

administrasi kampung, digitalisasi kampung, kesehatan, lingkungan, pendidikan

Abstract

Pelaksanaan program pengabdian Kuliah Kerja Nyata (KKN) idealnya memilih lokasi daerah perdesaan. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa kondisi daerah perdesaan pada umumnya memiliki akses pendidikan yang terbatas, tingkat pelayanan kesehatan yang masih rendah serta infrastruktur yang belum memadai. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merealisasikan program-program pengabdian yang relevan dengan kebutuhan masyarakat di daerah perdesaan wilayah Papua Barat sekaligus menumbuhkan semangat pengabdian dalam diri mahasiswa. Alur kegiatan KKN terdiri dari 6  tahapan yaitu (i) pembekalan; (ii) wawancara dan survei lapangan; (iii) perencanaan program kerja; (iv) pelaksanaan; (v) monev; (vi) seminar dan penyusunan laporan. Anggota kelompok KKN Kampung Aska terdiri dari 11 mahasiswa (dari 10 program studi) yang dibimbing oleh 1 dosen pembimbing lapangan. Total 50 program kerja (pk) dari 9 bidang utama berhasil dijalankan yang terdiri dari bidang pendidikan (6 pk), lingkungan (9 pk),  administrasi kampung (8 pk), kesehatan (5 pk), digitalisasi lokasi kampung (2 pk), keagamaan (4 pk), pertanian (9 pk),  peternakan (1 pk) dan ekonomi sosial budaya (6 pk). Hasil kegiatan pengabdian antara lain meningkatnya kemampuan literasi dan numerik siswa, lingkungan kampung menjadi bersih, tersedianya papan-papan administrasi kampung, warga mendapatkan edukasi tentang bencana alam dan mitigasi, stunting, DBD serta malaria.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kristian Ronaldo Momo, Universitas Papua

 

Adinri Rizki Nabila, Universitas Papua

 

Yansi Ratte, Universitas Papua

 

Olivia Sau Padang, Universitas Papua

 

Sugi Tiber Hutasoit, Universitas Papua

 

Julia Cindy Fertikasari, Universitas Papua

 

Frengky V.L.P. Worengga, Universitas Papua

 

Oktofina Mayor, Universitas Papua

 

Intan Komariah, Universitas Papua

 

Martina M. Jitmau, Universitas Papua

 

Isayas Gobai, Universitas Papua

 

References

BAPPENAS. (2024). Undang-Undang No.59 Tahun 2024 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2025-2045.

BAPPENAS. (2024). Undang-Undang No.59 Tahun 2024 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2025-2045.

Barik, T. K. (2015). Ecologically Sound Mosquito Vector Control in River Basins. Springer: New York. https://doi.org/10.1007/978-3-319-13425-3_33

BPS. (2024a). Statistik Indonesia 2024 (Statistical Yearbook of Indonesia 2024). Retrieved from https://www.bps.go.id/id/publication/2024/02/28/ c1bacde03256343b2bf769b0/statistik-indonesia-2024.html

BPS. (2024b). Statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2024 (Enviroment Statistic of Indonesia 2024). Retrieved from https://www.bps.go.id/id/publication/2024/11/29/f24c83748852c605dd2c73cb/statistik-lingkungan-hidup-indonesia-2024.html

Bradberry, L. A., & Maio, J. D. (2019). Learning By Doing: The Long-Term Impact of Experiential Learning Programs on Student Success. Journal of Political Science Education, 15(1), 94-111. https://doi.org/10.1080/15512169.2018.1485571

Castro, M. C. (2017). Malaria Transmission and Prospects for Malaria Eradication: the Role of the Environment. Cold Spring Harbor Perspectives in Medicine, 7(10), 1-12. https://doi.org/10.1101/cshperspect.a025601

Collins, C. M., Bonds, J. A. S., Quinlan, M. M., & Mumford, J. D. (2019). Effects of the Removal or Reduction in Density of the Malaria Mosquito, Anopheles Gambiae S.L., on Interacting Predators and Competitors in Local Ecosystems. Medical and Veterinary Entomology, 33(1), 1-15. https://doi.org/10.1111/mve.12327

Dirjendikti. (2021). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemenkes. (2024a). Kasus Malaria di Indonesia. Retrieved from https://malaria.kemkes.go.id/case

Kemenkes. (2024b). Percepatan Penurunan Beban Kasus Malaria di Kabupaten dengan Endemisitas Tinggi di Papua. Retrieved from https://malaria.kemkes.go.id/malaria-data

Kodrianingsih, W. L., Fauzan, A., Kurnia, B. M., & Hidayati, N. (2023). Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Siswa melalui Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan di SMPN 1 Narmada. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 94-101. https://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/2692

Leasa, M., Batlolona, J. R., Titaley, E., & Batlolona, T. (2024). The Social Landscape of Education in Rural Areas : Evening Study Programs ,Study Irregularities and Academic Achievement. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(3), 481-492. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i3.77359

Mattah, P. A. D., Futagbi, G., Amekudzi, L. K., Mattah, M. M., De Souza, D. K., Kartey-Attipoe, W. D., Bimi, L., & Wilson, M. D. (2017). Diversity in Breeding Sites and Distribution of Anopheles Mosquitoes in Selected Urban Areas of Southern Ghana. Parasites and Vectors, 10(25), 1-15. https://doi.org/10.1186/s13071-016-1941-3

Patiran, S. (2024). Satgas PP-Kes Provinsi Papua Barat Bahas Persiapan Rencana Intervensi. Retrieved from https://diskominfoperstatik.papuabaratprov.go.id/home/2024/04/17/satgas-pp-kes-provinsi-papua-barat-bahas-persiapan-rencana-intervensi/

Pilapitiya, P. G. C. N. T., & Ratnayake, A. S. (2024). The World of Plastic Waste: A Review. Cleaner Materials, 11, 1-23. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.clema.2024.100220

Pujianingsih, J. P., Wibowo, R. B. J., & Prandika, R. R., & Rawanoko, R. S. (2025). Peranan Upacara Bendera dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 23-36. https://doi.org/10.59031/jkppk.v3i1.520

Purnami, R. S., & Rohayati, R. (2016). Implementasi Metode Experiential Learning dalam Pengembangan Softskills Mahasiswa yang Menunjang Integrasi Teknologi, Manajemen dan Bisnis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 98-104. https://doi.org/10.17509/jpp.v13i1.3511

Puslitjakdikbud. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/13033/

Putri, L. P., Russell, D. J., O’Sullivan, B. G., Meliala, A., & Kippen, R. (2022). A Critical Review of Definitions of Rural Areas in Indonesia and Implications for Health Workforce Policy and Research. Health Research Policy and Systems, 20(1), 1-15. https://doi.org/10.1186/s12961-022-00847-w

Schloop, M. L., & Nesbit, R. (2024). Interdisciplinary Knowledge Integration in Public Affairs Scholarship: an Empirical Analysis of the Contributions of Public Administration, Policy Sciences, and Nonprofit Studies. Journal of Public Affairs Education, 30(3), 418-449. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/15236803.2024.2349477

Simões, S., Oliveira, T., & Nunes, C. (2022). Influence of Computers in Students’ Academic Achievement. Heliyon, 8(3), 1-13. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09004

Siregar, F., Handayani, R., & Napitupulu, Z. (2024). Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar dan Kognitif Anak melalui Senam Irama di SD PAB 12 Sampali. Jurnal Media Informatika, 5(2), 171-174.

Stepanus, J. B., Lintob, F. F., Muhammad, J. Herietrenggi, O. Warfandu, R. M., Maryar, J., Sorbu, L. L. V., Inden, P. C., Manilet, B. R., & Mahmud, N. H. (2024). Peran Mahasiswa dalam Kuliah Kerja Nyata di Kampung Mandopi Rimom Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat: The Role of Students in Community Service Program in Mandopi Rimom Village, Manokwari Regency, West Papua Province. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(9), 1600-1610. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v9i9.7137

Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57-68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844-1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Waldt, G. V. D. (2014). Public Administration Teaching and Interdisciplinarity: Considering The Consequences. Teaching Public Administration, 32(2), 169-193. https://doi.org/10.1177/0144739414523285

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Stepanus, J. B., Momo, K. R., Nabila, A. R., Ratte, Y., Padang, O. S., Hutasoit, S. T., Fertikasari, J. C., Worengga, F. V., Mayor, O., Komariah, I., Jitmau, M. M., & Gobai, I. (2025). Realisasi Program Pengabdian KKN di Daerah Perdesaan Bagian Pedalaman Papua Barat. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 389–401. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.371

Issue

Section

Articles

Categories