Keterampilan Tahsinul Qira’ah Bagi Guru-Guru TK Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Al’quran

Authors

  • Muliyani Muliyani Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Leliy Kholidah Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Fitriah Fitriah Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Usman Usman Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.360

Keywords:

guru tk, pendidikan anak usia dini, tahsinul qir’ah

Abstract

Urgensi Pengabdian ini merupakan guru TK merupakan guru pertama peserta didik pada pendidikan formal. Guru-guru yang tidak memiliki keterampilan bacaan Al-Qur’an yang memadai tidak hanya akan mengurangi kualitas pengajaran, tetapi juga dapat menghasilkan pemahaman agama yang kurang mendalam pada Anak didik. Kendala lainnya adalah kurangnya akses terhadap pelatihan dan pendidikan tambahan bagi para guru. Oleh karena itu dibutuhkan pelatihan Tahsinul Qira’ah bagi guru-guru TK Aisyiyah merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an para pendidik sehingga mampu mengajarkan kepada anak-anak dengan lebih baik. Tujuan kegiatan ini adalah: 1) Meningkatkan keterampilan  membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, 2) Memperkaya kualitas pengajaran secara keseluruhan dalam mengajarkan al-Qur;an kepada anak didik; 3) Kegiatan dirancang dengan memperhatikan kebutuhan dan konteks lokal Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi teori dan praktik dengan pendekatan talaqqi dan musyafahah. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam aspek makharijul huruf, tajwid, dan kelancaran membaca Al-Qur’an. Selain itu, peserta juga merasakan peningkatan kepercayaan diri dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada siswa. Dengan demikian, pelatihan ini berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam sejak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliani, R., Suresman, E., & Hermawan, W. (2023). Metode Fashohatul Lisan di Indonesian Al-Qur’an Center untuk Meningkatakan Kualitas Bacaan Al-Qur’an. Civilization Research: Journal of Islamic Studies, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.61630/crjis.v2i1.21

Aziz, M., Napitupulu, D. S., & Mahdalena. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tahfizh di PAUD Fithri Desa Teluk Pulai Dalam Kualuh Leidong. Generasi Emas, 7(1), 103–115. https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(1).16502

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W. H. Freeman and Company.

Bredekamp, S., & Copple, C. (2009). Developmentally appropriate practice in early childhood programs serving children from birth through age 8 (3rd ed.). Washington, DC: National Association for the Education of Young Children (NAEYC).

Fajriyyah, E. G. (2023). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Raudhatul Athfal Eviyatul Fajriyyah 1 , Gudnanto 2 1,2 Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 252–258.

Gardner, H. (1983). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. New York: Basic Books.

Hariandi, A. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Di SDIT Aulia Batanghari. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6906

Herianto, M., & Arifin, S. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al- Qur ’ an Santri di TPQ Darus Syifa Nahdlatul Wathan. 10(3), 1132–1145.

Isnawati, & Maryani, E. (2021). Peran guru dalam pembentukan karakter anak usia dini berbasis nilai-nilai Islam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 45–53.

Maria Widya Wanti, Amalia Salsabilla, Khairunnisa Salsabila Putri Prameswari, Busro Muhammad Al Mursyidi4, Solchan Ghozali, M. Yusron Maulana El-Yunusi, M. Hariri, Mas Ishaq Rizal, Faiq Imanuddin, Suhaidin Dena, M. F. H. (2024). Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Melalui Pelatihan Tajwid di Desa Pasinan. ARDHI : Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 5.

Muhammad Faisal, Triansyah Fisa, D. (2024). Praktek pelatihan tahsin al-qur’an bagi mahasiswa ilmu al-qur’an dan tafsir stain meulaboh. MEUSEURAYA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 70–79.

Muntazor, H. G. Al. (2024). Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an. El-Moona |Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 1–23.

Nawi, M. Z. M., Nor, M. A. M., Omar, M. R., & Muhammad, N. (2021). Pembacaan Al-Quran dalam Pendidikan Masa Kini : Satu Tinjauan Umum (Quran Recitation in Education Today : A General Review). Jurnal Al-Turath, 6(1), 43–55.

Nata, A. (2012). Integrasi ilmu dalam perspektif Islam: Upaya membangun pendidikan Islam yang holistik dan integratif. Jakarta: Rajawali Pers

Nur’aini, N., & Hamzah, H. (2023). Kecerdasan Emosional, Intelektual, Spiritual, Moral dan Sosial Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1783–1790. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5867

Raudahtun Nurjannah, D. (2024). Efektivitas kegiatan les mengaji (metode tahsin) untuk meningatkan literasi al- qur’an pada siswa kelas iii di mis hidayatul muhajirin palangka raya. ALMAHEERJurnal Pendidikan Islam, 2(02), 122–129.

Sari, A. M., Hidayah, O. N., Khotimah, S., Prayitno, H. J., ‘Ulya, N. K., & Nugroho, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 36–48. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19179

Suryana, A. (2020). Pengaruh kemampuan baca Al-Qur’an guru terhadap pembelajaran agama Islam di RA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 32–40

Tilaar, H. A. R. (2002). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Jakarta: PT Grasindo.

Zulfitria. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Alquran Untuk Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 101–106.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Muliyani, M., Kholidah, L., Fitriah, F., & Usman, U. (2025). Keterampilan Tahsinul Qira’ah Bagi Guru-Guru TK Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Al’quran. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 445–457. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.360

Issue

Section

Articles

Categories