Penguatan Literasi dan Seni Budaya Berbasis Pertunjukan Puisi bagi Anak-Anak Komunitas the La Malonda Institute
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.347Keywords:
anak-anak, literasi, pertunjukan puisi, sastra , seni budayaAbstract
Penguatan literasi dan seni budaya merupakan sarana bagi anak dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan kepekaan sosialnya. Melalui pertunjukkan puisi anak-anak belajar mengembangkan kemampuan literasi dan budaya sebagai bagian dari upaya pembentukan karakter mulia. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan literasi anak-anak komunitas The La Malonda Institute melalui pertujukkan puisi sekaligus menanamkan nilai-nilai budaya pada anak-anak. Melalui pendekatan partisipatif dan berkelanjutan, program ini dilaksanakan dalam tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan positif pada kemampuan literasi, kualitas karya puisi, dan keterampilan seni pertunjukan. Peserta mengalami dampak sosial dan psikologis yang positif, termasuk peningkatan kepercayaan diri dan keterampilan sosial. Keberlanjutan program didukung oleh pembentukan kelompok belajar, pengembangan modul mandiri, dan kemitraan strategis. Temuan ini menegaskan efektivitas integrasi literasi dan seni budaya dalam pembentukan karakter dan pengembangan potensi anak-anak. Kesimpulan dari pelaksanaan program kegiatan ini adalah penguatan literasi dan seni budaya berbasis pertunjukkan puisi berdampak positif bagi peningkatan kemampuan literasi, kualitas karya puisi, dan performa peserta melalui tes tertulis
Downloads
References
Achiței, C. C., & Nistor, P. P. (2023). The Cultural Structure of Society and the Role of Communication in Forming Cultural Identity-Relevant Aspects for Social Work. Logos Universality Mentality Education Novelty: Philosophy & Humanistic Sciences, 10(3), 46-57. https://doi.org/10.18662/lumenphs/10.3/80
Batubara, J. (2021). DESTINASI: Kolaborasi Kreatif Musik Digital, Puisi dan Tari. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 22(1), 1-11. https://doi.org/10.24821/resital.v22i1.5866
Dogani, B. (2023). Active Learning and Effective Teaching Strategies. International Journal of Advanced Natural Sciences and Engineering Researches, 7(4), 136-142. https://doi.org/10.59287/ijanser.578
Dumasari, I. (2014). Dinamika Pengembangan Masyarakat Partisipatif. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Hanna, J. L. (2018). Reducing Fear with Recitations: Improving Public Speaking through Poetry. The English Journal, 107(5), 39-43. https://doi.org/10.58680/ej201829603
Hussin, S. (2020). Identity Through Culture and Arts Education. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 46, 455-459. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200804.089
Jefrizal, J., Ridwan, R., & Apriadi, D. (2021). Pelatihan Manajemen Seni Pertunjukan kepada Komunitas Seni Kesara. BIDIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 43-47. https://doi.org/10.31849/bidik.v2i1.8189
Magdanovna, E. R., Arskieva, Z. A., & Vershitsky, A. V. (2024). Formation of National Identity as the Basis of Intercultural Communication. SHS Web of Conferences, 195, 1-7. https://doi.org/10.1051/shsconf/202419505003
Maspul, K. A. (2024). Nurturing Student Growth and Empowerment through a Poetry-Rich Classroom. Eduscape : Journal of Education Insight, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.61978/eduscape.v2i1.130
Muslim, A. (2007). Pendekatan Partisipatif dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 8(2), 89-103. https://doi.org/10.1177/0734282911435461
Nakagawa, Y., & Yokozawa, M. (2023). A Social System to Disperse the Irrigation Start Date Based on Tte Spatial Public Goods Game. PLOS ONE, 18(5), 1-15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0286127
Nasihah, F., & Tabroni, I. (2022). Fostering Literacy Culture through Reading and Writing Movement. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(8), 779-792. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i8.1817
Novalisae, N., Putrawiyanta, I. P., Ferdinandus, F., Noveriady, N., Virgiyanti, L., Usup, E. L. D., Inso, Y. D., Sukmawatie, N., Ganang, N. M. A., Yonathan, Y., & Andri, Y. (2024). Sosialisasi Pentingnya Minat Membaca Untuk Generasi Muda Panti Asuhan Imanuel di Kota Palangka Raya. Diteksi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik, 2(1), 21-26. https://doi.org/10.36873/diteksi.v2i1.13398
Paige, A. (2020). A Multidisciplinary Approach to Teaching Poetry in the Classroom. Montana State University: USA. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-2971-3.ch018
Putri, A. D. M. P., Ulfa, M. U., & Rohmah, D. M. R. (2024). Study Literature: Kegiatan Literasi Membaca dalam Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 488-496. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.610
Safina, G. I., Pushkar, T. O., Yao, L. M., & Emanova, J. G. (2021). The Formation of National Identity in Process of Aesthetic Education of Youth. Revista on Line de Política e Gestão Educacional, 25(1) 600–609. https://doi.org/10.22633/rpge.v25iesp.1.15000
Setiawan, A., & Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan Nilai, Budaya dan Karakter dalam Pembelajaran Matematika Dasar pada Sd/Mi. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767
Setyaki, P. L. (2024). Efektivitas Strategi Pembelajaran Siswa Aktif pada Peningkatan Pemahaman Konsep dan Penerapan Praktis. NOZEL Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(1), 34. https://doi.org/10.20961/nozel.v6i1.84033
Syafii, M. S., Fathurohman, I., & Fardani, M. A. (2022). Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 88-96. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.44954
Tabroni, I., Nurkholis, I., & Robiansyah, A. (2022). Optimization Cultivating Character Values that Become Integrity Nation. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1235-1246. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i3.510
Tran, J. T., Tran, E. T., Eisen, K., Kharrazi, N., & Mason, D. (2024). Poetry Workshop in the Acute Inpatient Psychiatric Setting: Feasible, Acceptable, and Significantly Beneficial. Advances In Social Sciences Research Journal, 11(3), 501-511. https://doi.org/10.14738/assrj.114.15820
Urys, T., Kozak, T., & Barabash, S. (2021). National Identity: Formation and Realisation Through Poetry. WISDOM, 17(1), 146-161. https://doi.org/10.24234/wisdom.v17i1.449
Vaughn, K. (2015). EJ in Focus: Poetry and Emotional Intelligence: A Radical Call. English Journal, 104(4), 15-20. https://doi.org/10.58680/ej201527035
Wagner, D. A., & Hedidar, W. (2023). Literacy and international development. Elsevier: Belanda.
Winarni, R., Slamet, S. Y., Poerwanti, J. I., Sriyanto, M. I., Yulisetiani, S., & Syawaludin, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Bermuatan Pendidikan Budi Pekerti pada Guru-Guru Sekolah Dasar melalui Hybrid Learning. Jurnal Widya Laksana, 11(1), 98. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.37151
Yavuz, A. (2010). Enhancing Creativity in the Communicative Language Classroom Through Poetry as a Literary Genre. Dil Dergisi, 64-79. https://doi.org/10.1501/Dilder_0000000134
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Irianto Ibrahim, La Ode Sahidin, La Ode Syukur, Alias, La Ode Akhiri Zulzaman, Nur Israfyan Sofian, Amalia Putri Haris, Efram Bala Muda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.