Pendampingan Pemanfaatan Media Augmented Reality Dalam Pembelajaran PAUD
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i1.340Keywords:
augmented reality, media pembelajaran, PAUD, pendampinganAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi anggota HIMPAUDI Kota Kendari dalam memanfaatkan teknologi AR sebagai alat bantu pembelajaran. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, beberapa bahan utama yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan pendampingan pemanfaatan media Augmented Reality (AR) pada anggota HIMPAUDI Kota Kendari meliputi: (1) Aplikasi AR Kids dan Assemblr Edu; (2) Smartphone, Tablet, dan Laptop; dan (3) Modul Pelatihan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan ini mencakup: (1) Penyampaian Materi Teoritis; (2) Pendampingan Praktis; dan (3) Monitoring dan Evaluasi. Melalui serangkaian kegiatan yang meliputi pengenalan konsep AR, pendampingan penggunaan aplikasi AR-Kids, serta pembuatan konten AR menggunakan Assemblr Edu, peserta mendapatkan pengetahuan praktis dan teknis yang relevan untuk mengimplementasikan AR dalam kegiatan belajar mengajar. Sebanyak 86% peserta menyatakan kegiatan pendampingan memberikan dampak positif terhadap keterampilan dan pemahaman peserta terkait penggunaan teknologi AR. Peserta menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan teknis, terbukti dari kemampuan mereka menginstal, menggunakan, dan mengembangkan konten AR yang relevan untuk pembelajaran.
Downloads
References
Atikah, C., Rusdiyani, I., & Ridela, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Tema Binatang Purba Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B (5-6) Tahun di TK Tunas Insan Kamil Kota Serang. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(2), 89-101. https://doi.org/10.18592/jea.v9i2.9326
Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan media augmented reality dalam pembelajaran mengenal bentuk rupa bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30-38. https://doi.org/10.15294/jpp.v38i1.30698
Carolina, Y. D. (2023). Augmented reality sebagai media pembelajaran interaktif 3D untuk meningkatkan motivasi belajar siswa digital native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10-16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448
Hamdi, S. M. (2023). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 97-106.
Hariyono, H. (2023). Penggunaan teknologi augmented reality dalam pembelajaran ekonomi: Inovasi untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9040-9050.
Hermawan, A., & Hadi, S. (2024). Realitas Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 328-340. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.694
Hikmah, S., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2023). Pengembangan Media 3D Materi Indera Pendengaran Manusia dengan Augmented Reality Assembler Edu. Journal on Education, 5(3), 7430-7439. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1533
Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6462-6468. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408
Nugroho, D. A., Fatnasanty, S. P., & Andanaras, F. (2024, November). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Kartu Augmented Reality untuk Pengenalan Bangun Ruang pada Anak Usia Dini. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 4, pp. 351-365).
Pranoto, A., & Zakariyah, M. (2023). Peran Augmented Reality dalam Memperkenalkan Organ Pencernaan Manusia pada Anak Sekolah Dasar. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4(3), 1235-1244.
Safitri, L., Adjie, N., & Dewi, F. (2022). Pengaruh Bermain Kartu Kata Bergambar Augmented Reality Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. In Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta (Vol. 1, No. 1, pp. 195-200).
Salim, S., Abubakar, S. R., Nurhayati, N., & Saputra, H. N. (2021). Media Augmented Reality Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Solok: Mitra Cendekia Media.
Saputra, H. N. (2020). Augmented Reality Dalam Pembelajaran. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(2), 92-97.
Saputra, H. N., Salim, S., Idhayani, N., & Prasetiyo, T. K. (2020). Augmented Reality-Based Learning Media Development. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 12(2), 176-184. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.258
Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Jakarta: Bumi Aksara.
Rita, R., Saputra, H. N., & Razilu, Z. (2024, July). Development of Augmented Reality-Based Learning Media on Solid Geometry Materials. In Proceeding of International Conference on Educational Governance, Policy, and Leadership (ICEGPL) (Vol. 1, No. 1, pp. 92-104).
Uno, W. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 28-33.
Wahiddiyah, N. P., Luthfia, A. N., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2023). Pemanfaatan Augmented Reality dalam Pembelajaran IPS Menyajikan Informasi Sejarah dengan Realitas Tambahan. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 115-124. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i4.1535
Wenthe, D. C. M., Pranatawijaya, V. H., & Putra, P. B. A. A. (2021). Aplikasi pengenalan objek untuk anak usia dini menggunakan teknologi augmented reality. Universitas Palangka Raya.
Yasin, M., Setiawan, Z., Kelrey, F., Ghony, M. A., Syaiful, M., Karuru, P., Pertiwi, A., Abadi, A., Ardiansyah, W., Kabanga, T., & Aryanti, M. (2023). Pendidikan Multimedia: Konsep dan Aplikasi pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Zaid, M., Razak, F., & Alam, A. A. F. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis STEAM dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal PELITA, 2(2), 59-68.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Hendra Nelva Saputra, Nurul Idhayani, Salim Salim, Nurhayati, Dwi Ophi Ramadhan, Nurlela Juliasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.