Pendampingan Guru dalam Melaksanakan Open Kelas Melalui Model Project Based Learning dengan Pendekatan Lesson Study
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.337Keywords:
lesson study, open kelas, project based learningAbstract
Kinerja guru perlu dilakukan perbaikan dalam rangkan untuk mengelola pembelajaran melalui kolaborasi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Model Project Based Learning dengan pendekatan Lesson Study menciptakan pembelajaran yang berpusat pengembangan kemampuan siswa dan secara bersama-sama dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui refleksi dan perbaikan berkelanjutan oleh guru. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman guru dalam melaksanakan open kelas melalui model Project Based Learning dengan pendekatan Lesson Study. Metode yang digunakan untuk mensosialisasikan program Lesson Study dan model pembelajaran Project Based Learning di sekolah berupa metode ceramah, metode diskusi, wawancara, dan metode praktek lapangan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah sebesar 100% peserta kegiatan sangat setuju bahwa kegiatan pendampingan ini sangat penting diadakan, dan sebesar 85,74 sangat setuju bahwa Lesson memberikan dampak yang baik bagi pengembangan proses belajar mengajar di sekolah. Demikian juga, pendampingan pada kegiatan ini bermanfaat bagi guru untuk membangun kolaboratif sesama guru bidang studi, dan proses pembelajaran dengan pendekatan Lesson Study adalah proses pembelajaran yang menarik sehingga ada keinginan untuk melaksanakan open kelas menggunakan Lesson Study.
Downloads
References
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/0009865090350541
Firmansyah, M. I., Anwar, S., & Purnamasari, I. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL): Definisi, Unsur, dan Implikasinya. Jurnal Taklim.
https://ejournal.upi.edu/index.php/taklim/article/view/75469
Henuk, Y. L. (2015). The role of family poultry production systems in developing countries. Kaen Kaset, 43(2), 249-253.
Hermawan, R. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Matematika Melalui Lesson Study (Ls).
Himmi, N., Armanto, D., & Amry, Z. (2025). Implementation of Project-Based Learning (PjBL) in Mathematics Education: A Systematic Analysis of International Practices and Theoretical Foundations. Science Insights Education Frontiers, 26(2), 4305-4321.
Idris, I. (2020). Kajian kebijakan peningkatan profesionalisme guru dan dosen di Indonesia. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 41-52.
Lewis, C. (2002). Lesson Study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Research for Better Schools.
Masi, L., & Misu, L. (2014). Laporan Pengabdian: Pelatihan Lesson Study bagi Guru SMP dan SMA Kota Kendari. Universitas Halu Oleo.
Misu, L., Pante. L. A., Febriyanti, Sribanung, Lumimbo, Y., Asmawati. (2024). Perkembangan Kemampuan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika dan IPA di SMP selama Program KDS di SMPN 6 Kendari. Prosiding Seminar Nasional Kemitraan Dosen Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dengan Guru di Sekolah Tahun 2023, 1.
Mitasari, Z., & Prasetiyo, N. A. (2016). Penerapan metode diskusi-presentasi dipadu analisis kritis artikel melalui lesson study untuk meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan komunikasi. Jurnal Bioedukatika, 4(1), 11-14.
Novallyan, D. (2025). Optimization of Teaching Profession Courses Through Project Methods. International Journal of Education and Teaching Zone, 4(2), 126-143. https://10.57092/ijetz.v4i2.431
Oysara, M. (2025). Developing Communication Skills in the Process of Teaching English to Young Learners at Secondary Schools. Modern American Journal of Linguistics and Education, 1(2), 44-50.
Permatasari, S. J., & Husain, I. A. (2025). Peran Model PjBL dalam Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal E-MAS, 1(1), 51-61.
Reichert, H., Tabarsi, B. T., & Zang, Z. (2024). Empowering Secondary School Teachers: Creating, Executing, and Evaluating a Transformative Professional Development Course on ChatGPT. IEEE Xplore. 1-9. https://doi.org/10.1109/FIE61694.2024.10893106.
Sairo, M. I. (2021). Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 26-32.
Suana, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Model Lesson Study Berbasis Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 1(3), 61-71.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
Ulanday, J. (2025). Project-Based Approaches in the Science Performance of Grade 7 Learners at Tomas V. Rivera National High School. IRODEO Conference Proceedings, 2(1). https://doi.org/10.63798/5fjdj585
Wilson, M. (2024). Seeking Social Justice Mathematics: A Study of Four African American High School Teachers’ Professional Learning Community. University of Michigan.
Wulandari, B., Arifin, F., & Irmawati, D. (2015). Peningkatan kemampuan kerjasama dalam tim melalui pembelajaran berbasis lesson study. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 9-16.
Wulandari, N., Kartiningsih, D., & Yusnaeni. (2020). Efektivitas Lesson Study dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(3), 205–214.
Yanbastieva-Petrova, L. (2024). Inspiring Imagination: Digital Projects as a Post-Reading Activity in Foreign Language Lessons. Любословие Journal, 185-196.
Zahara, A., & Fithriana, A. (2018). Kerja Sama Indonesia dengan Amerika Serikat melalui USAID Prioritas dalam Sektor Pendidikan (Tahun 2012-2017). Balcony, 2(2), 183-193.
Zeichner, K. (2010). Rethinking the Connections between Campus Courses and Field Experiences. Journal of Teacher Education, 61(1–2), 89–99.
https://doi.org/10.1177/0022487109347671
Zulfa, N. A., Hibana, H., & Sari, N. (2024). Learning Method Innovation: Integrating Projects for Holistic Development. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah PAUD, 7(2), 157-171.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Misu La, Mohamad Salam, Awaludin, Laode Ahmad Jazuli, Hasnawati, Salim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.