Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Berbasis In Service Training (IST) dan On Service Training (OST) bagi Guru SMP

Authors

  • Prima Nucifera Universitas Samudra
  • Surya Asra Universitas Samudra
  • Muhammad Yakob Universitas Samudra
  • Maulida Sari Universitas Samudra
  • Rahmatul Fajri Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i1.283

Keywords:

karya tulis ilmiah, keterampilan menulis, publikasi ilmiah

Abstract

Hal yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah minimnya motivasi dari guru di SMPN 1 Rantau Selamat dalam menulis karya tulis ilmiah, minimnya kemampuan guru di SMPN 1 Rantau Selamat dalam menulis karya tulis ilmiah, dan belum adanya instruktur yang mampu memberi pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membekali guru dengan keterampilan menulis karya ilmiah yang dibutuhkan dalam pengembangan profesional sehingga guru mampu meghasilkan karya tulis ilmiah yang dapat diterapkan oleh guru lain atau institusi pendidikan. Metode pelaksanaan kegiatan ini dengan menggunakan motode pelatihan dan pendampingan melalui kegiatan in service training (IST) dan on service training (OST). Kegiatan IST menggunakan pendekatan andragogis dengan menerapkan metode ceramah, presentasi, dan diskusi, kegiatan on service training (OST) dilaksanakan ketika guru menyusun karya tulis dalam bentuk artikel untuk dipublikasikan. Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan telah berjalan dengan baik sesuai target. Para guru di SMP telah memiliki kompetensi dalam melakukan penelitian tindakan kelas (PTK), penulisan karya ilmiah, dan publikasi karya tulis ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, L., Puspita, D., Wati, R., & Astuti, S. (2023). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa IBN Lampung. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 380-385.

Anugraheni, I. (2021). Faktor-Faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(1), 59-65. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.12457.

Awaludin, Misu, L., Salam, M., Jazuli, L. O. A., Salim, & Hasnawati. (2023). Pendampingan Guru-Guru SMP dalam Melaksanakan Open Kelas melalui Pendekatan Lesson study di Sekolah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 245-252. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.34.

Dewi, P. K., Rizal, M. S., Ardhian, D., Hardinata, V., & Lestari, Y. D. (2017). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas pada Guru SMP. Jurnal ABDI, 2(2), 7-17. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.

Fadlia, F., Nucifera, P., Zulida, E., Altasa, F. ., Asra, S., & Rahmiati, R. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Academic Writing untuk Calon Guru Berprestasi. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 270-275. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i3.3986

Febrilia, B. R. A., Hidayanti, A. A., Mandalika, E. N. D., Danasari, I. F., Widiyanti, N. M. N. Z., Setiawan, R. N. S., & Mulyawati, S. (2023). Pelatihan dalam Membuat Artikel Ilmiah Mahasiswa. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 135-143. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.51

Hunaepi, H., Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asya, M. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru di MTs Nw Mertaknao. Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka, 1(1), 38-40. https://doi.org/10.36312/linov.v1i1.402. dst.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 123-132.

Khosiyono, B. H. C., Nisa, A. F., Irfan, M., & Mulyantoro, P. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru SD untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 963-968.

Listiaji, P., Dewi, N. R., Savitri, E. N., & Amelia, R. N. (2023). Upaya Meningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru melalui Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya di SMP Negeri 2 Tengarang, Semarang. Jurnal Dharma Indonesia, 1(2), 61-69.

Muhali, M., Asy’ari, M., Prayogi, S., Samsuri, T., Karmana, I. W., Sukarma, I. K., Mirawati, B., Firdaus, L., & Hunaepi, H. (2019). Pelatihan Kegiatan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 28. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i1.739

Nuriadi, N., Verawati, N. N. S. P., & Jiwandono, I. S. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi Untuk Guru-Guru di SMKN 1 Gerung. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1216-1223. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6455

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara No. 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Details/132929/permen-pan-rb-no-16-tahun-2009

Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2023. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Purnamasari, I., Hayati, M. N., & Yuniarti, D. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Mendorong Peningkatan Kualitas Siswa Tingkat SMA. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 248-252.

Purnomo, H. (2024). Efforts to Enhance Teacher Professionalism Through Guidance Activities and Classroom/School Action Research Seminars for Principals and Teachers in The Kapenewon Kasihan Education Office. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 226-239.

Suhartono, Srinarwati, D. R., Jatiningsih, O., Sari, M. M. K., Widyatama, R. P., Salma, J. A., & Irmandini, P. I. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Guru-guru MGMP dalam Menulis Artikel Ilmiah Sampai Publikasi di Jurnal : Bahasa Indonesia, English. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 152-161. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.140

Suhardi, M., & Gunawan, I. M. S. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru di Indonesia. COMMUNITY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67-73.

Widiana, I. W., Tristiantari, N. K. D., Rediani, N. N., Yudiana, K. E., & Sari, N. M. D. V. S. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 140-149. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.52117

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Nucifera, P., Asra, S., Yakob, M., Sari, M., & Fajri, R. (2024). Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Berbasis In Service Training (IST) dan On Service Training (OST) bagi Guru SMP. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 77–85. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i1.283

Issue

Section

Articles

Categories