Pemberdayaan Guru Dalam Pembuatan E-Laboratory Management System Menggunakan Google Sites Sebagai Upaya Efisiensi Praktikum dan Percepatan Digitalisasi Sekolah

Authors

  • I Gede Purwana Edi Saputra Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Nur Ihsan Halil Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Syarifuddin Tundreng Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Bimas Reskiawan Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Alders Paliling Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Basrawi Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Iyan Nurdiyan Haris Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • La Ode Nursalam Universitas Halu Oleo
  • Eko Harianto Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.279

Keywords:

digitalisasi sekolah, e-laboratory management system, google sites

Abstract

Efisiensi pengelolaan laboratorium sekolah menjadi faktor  penting dalam mendukung kegiatan praktikum siswa, terutama di era digitalisasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan guru dalam pengembangan dan implementasi E-Laboratory Management System (E-LabMS) berbasis Google sites guna meningkatkan efisiensi manajemen laboratorium serta mempercepat digitalisasi sekolah. Proses pemberdayaan guru dilakukan melalui beberapa tahapan. Pertama, dilakukan identifikasi kebutuhan. Selanjutnya, guru diberikan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan serta pengelolaan E-LabMS. Setelah pelatihan, sistem diimplementasikan di sekolah dengan tujuan. Tahap terakhir meliputi evaluasi dan monitoring. Hasil implementasi menunjukkan bahwa penggunaan E-LabMS berbasis Google sites mampu meningkatkan efisiensi pengelolaan laboratorium secara signifikan. Guru yang sebelumnya tidak memiliki pengalaman dalam pengelolaan sistem digital kini dapat mengelola laboratorium secara lebih terstruktur dan mandiri setelah mendapatkan pelatihan. Selain itu, sistem ini juga mempermudah akses informasi, pencatatan peminjaman alat, serta dokumentasi praktikum, yang pada akhirnya meningkatkan keterlibatan siswa dalam aktivitas laboratorium. Dengan adanya sistem ini, pengelolaan laboratorium menjadi lebih modern dan efisien, mendukung percepatan digitalisasi di sekolah, serta meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdal, I., Rahman, M. H., Rahman Janang, A. (2022). Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (Kosp) TK Berbasis Kearifan Lokal Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(21), 315–320. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7275272

Amalia, F., Rusdianto, D. S., Pradana, F. T., & Kurniawan, A. (2023). Pemanfaatan Website Trello dalam Menunjang Pembelajaran Kolaboratif di Lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 197–203. https://doi.org/10.20527/BTJPM.V5I1.6849

Asroa B.S, I., Susanti, H., & Fadriati. (2023). Kesiapan Sekolah terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SMPN 5 Padang Panjang). ISLAMIKA, 5(1), 126–137. https://doi.org/10.36088/ISLAMIKA.V5I1.2447

Bungai, J., Rachmawati, L., & Nugroho, W. (2023). Pendampingan Guru Sd Penggerak Palangka Raya Dalam Pembuatan Bahan Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Kearifan Lokal Lahan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1274–1280. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13107

Eny Isnaini. (2022). Supervisi Klinis Pemanfaatan Pmm Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Modul Ajar Kelas Iv Sdn Sisir 01 Kecamatan Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 398–419.

Islamiyah, M., Widayanti, L., & Asia Malang, S. (2016). Efektifitas Pemanfaatan E-Learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(1), 41–46.

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan , 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/VOCATIONAL.V2I4.1752

Mahadi, J. P. W., Sumandya, W., Luh, N., Widayani, M. M., Bagus, N., & Nugraha, S. (2022). PKM. Komunitas Belajar Guru Matematika Kabupaten Badung Dalam Pelatihan Pemanfaatan Platfom Merdeka Mengajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 3(1), 169–176. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7447534

Mahadi, J. P. W., Sumandya, W., Sukendra, K., Suryani, I., & Pramesuari, D. P. (2022). PKM. Penyusunan Kurikulum Oprasional Sekolah Di Penggerak Angkatan 2 Provinsi Bali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 129–137. https://doi.org/10.5281/zenodo.6606134

Mendikbud RI. (2020). Surat Edaran Mendikbud NO 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 1 9). Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbudristek. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Muntatsiroh, A., Hendriani, S., & Mahmud Yunus Batusangkar, U. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Memfasilitasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 3 Sijunjung. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(2), 100–106. https://doi.org/10.55583/JKIP.V3I2.354

Partikasari, R., Haryono, M., Imran, R. F., Pebriani, E., & Oktasari, S. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Dan Penguatan P5 Bagi Guru Di Korwil I Bengkulu Utara. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 47–52–47–52. https://doi.org/10.37676/JDUN.V2I1.3542

Prabowo, D. A., Fathoni, M. Y., Toyib, R., & Sunardi, D. (2021). Sosialisasi aplikasi Merdeka Mengajar dan pengisian konten pembelajaran pada SMKN 3 Seluma untuk mendukung program SMK-PK Tahun 2021. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(2), 55-60.

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen kegiatan . Yogyakarta : Parama Publishing.

Riesna, D. M. R., Pujianto, D. E., Efendi, A. J. I., Nugroho, B. A., & Saputra, D. I. S. (2023). Identifikasi Platform dan Faktor Sukses dalam Manajemen Proyek Teknologi Informasi. Jurnal Teknologi Riset Terapan, 1(1), 1-9.

Santika, I. W. E. (2022). Penguatan nilai-nilai kearifan lokal bali dalam membentuk profil pelajar pancasila. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 6182-6195.

Saputra, I. G. P. E., Halil, N. I., Sagala, L. O. H. S., & Hamid, M. L. O. I. (2023). Penyusunan Kurikulum Operasional Berbasis Kearifan Lokal Wilayah Pesisir Melalui Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar Berbantuan Aplikasi Trello Untuk Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 198–210. https://doi.org/10.36709/AMALILMIAH.V5I1.139

Usamah, T. N. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Upaya Mengatasi Learning Loss Menuju Pendidikan Yang Berkompetensi Unggul. Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1).

Widayanti, R., Hapsari, I. N., Sandfreni, Firmansyah, G., Kartini, & Nurbayin, M. A. (2022). Kolaborasi Metode Problem Base Learning Menggunakan Aplikasi Trello pada Mata Kuliah E-Business Program Kampus Merdeka. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.34306/ADIMAS.V3I1.758

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Saputra, I. G. P. E., Halil, N. I., Tundreng, S., Reskiawan, B., Paliling, A., Basrawi, Haris, I. N., Nursalam, L. O., & Harianto, E. (2025). Pemberdayaan Guru Dalam Pembuatan E-Laboratory Management System Menggunakan Google Sites Sebagai Upaya Efisiensi Praktikum dan Percepatan Digitalisasi Sekolah . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 177–192. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.279