Mendesain Modul Ajar Dengan Metode Belajar Berbasis Praktikum IPA SMP

Authors

  • Saprin Universitas Halu Oleo
  • Damhuri Universitas Halu Oleo
  • La Jumadin Universitas Halu Oleo
  • Nurrijal Universitas Halu Oleo
  • Rustam Musta Universitas Halu Oleo
  • Amiruddin Takda Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i1.251

Keywords:

diklat, mendesain modul ajar, simulasi praktikum

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan dirinya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan pada Guru (mitra) dalam menyusun modul ajar / RPP dengan metode belajar berbasis praktikum mata pelajaran IPA SMP. Metode yang digunakan ada 4 cara yaitu (1) metode diklat yaitu memberikan materi penyusunan modul ajar kepada guru, (2) metode mendesain modul ajar/(rpp) yaitu guru menyusun dan merancang modul ajar (rpp) praktikum, (3) metode simulasi praktikum yaitu guru secara langsung melakukan praktikum di laboratorium sesuai modul (RPP) yang didesain, dan (4) metode evaluasi yaitu untuk mengukur pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam mendasain modul ajar berbasis praktikum. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Peserta sebelum mengikuti diklat, berada pada rentang nilai skor di bawah 70, sedangkan setelah mengikuti diklat, di atas nilai 80. Kegiatan diklat memberikan dampak positif kepada seluruh peserta dalam mendesain modul ajar dengan metode belajar berbasis praktikum IPA SMP. Keberhasilan mayoritas peserta (57%) sangat memuaskan, 34% memuaskan dan 9% cukup memuaskan. Kagiatan diklat ini sangat bermanfaat bagi peserta dan menambah pengetahuan dalam merancang kegiatan praktikum di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsas, S. K., Sutikno, S., & Fianti, F. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Journal on Education, 6(1), 8913-8926.

Amalia, M., Yolida, B., & Achmad, A. (2017). Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Permasalahannya Materi Organisasi Kehidupan di SMP se-Kecamatan Kemiling. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 5(5) 1-13.

Badriyah, M. S., & Akmal, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Pendekatan Problem Solving pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 5(2), 201-207.

Handayani, T. W. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di SD. Edutainment, 6(2), 130-153.

Herowati, H. (2023). Pembelajaran Praktikum Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Buku Petunjuk Media Pembelajaran Ipa Berbasis Lingkungan Pesisir. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(12), 4623-4630.

Khaerunnisah, K., Vitasari, M., & Suryani, D. I. (2022). Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Praktikum di SMP Negeri se–Kecamatan Pontang Kabupaten Serang. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 346-352.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.

Lubis, F. A., Lubis, J. A., & Lubis, M. (2017). PEPRADASE (Pelatihan Praktikum Biologi dengan Alat dan Bahan Sederhana). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-21.

Pertiwi, Y., & Ferdian, R. (2022). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Aplikasi Phet Simulation di Kabupaten Kampar. Abdimas Universal, 4(1), 34-39.

Pursitasari, I. D., Permanasari, A., Rubini, B., Ardianto, D., Heliawati, L., Nulhakim, L., & Taufik, A. N. (2023). Pelatihan Penyusunan Desain Praktikum dan Penggunaan KIT Praktikum IPA bagi Guru IPA SMP di Kabupaten Serang. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(2), 516-530.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal pedagogy, 15(1), 75-94.

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33-41.

Sudirman, S., & Abidin, Z. (2022). Meta-Analisis Implementasi Virtual Laboratorium dalam Proses Pembelajaran dan Sains. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(11), 315-324.

Sukarjita, I. W. (2020). Peningkatan Keterampilan Pengelolaan Pembelajaran IPA Terpadu melalui Pelatihan Penggunaan KIT IPA bagi Guru IPA SMP di Kecamatan Kupang Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 14(2), 33-42.

Sulistio, P. H. (2017). Pelatihan Pembuatan Modul Pembelajaran di SMP Providentia Jakarta Barat. Jurnal Abdimas, 4(2), 275-279.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 2(2), 49-57.

Sutrisna, N., & Gusnidar, G. (2022). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri pada Materi IPA untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2859-2868.

Syamsu, F. D. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2), 13-27.

Triandini, W., Kosim, K., & Gunada, I. W. (2021). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(1), 90-97.

Usmeldi, U., & Amini, R. (2021). Pelatihan Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk Guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 56-65.

Wahyuningtias, E. D., Fauziah, H. N., Kusumaningrum, A. C., & Rokmana, A. W. (2021). Ide Guru IPA dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 129-137.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Saprin, Damhuri, Jumadin, L., Nurrijal, Musta, R., & Takda, A. (2024). Mendesain Modul Ajar Dengan Metode Belajar Berbasis Praktikum IPA SMP. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 96–106. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i1.251

Issue

Section

Articles

Categories