Pentingnya Literasi Keuangan Digital Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Authors

  • Fitriani Universitas Islam Riau
  • Sepita Ferazona Universitas Islam Riau
  • Akhmad Suyono Universitas Islam Riau
  • Rahmat Eka Saputra Universitas Islam Riau
  • Berlian Defriona Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.184

Keywords:

keuangan digital, literasi, umkm

Abstract

Literasi keuangan digital berperan penting dalam memberdayakan UMKM. Dengan memahami dan mengadopsi teknologi keuangan digital, UMKM dapat meningkatkan efisiensi, mendapatkan akses pembiayaan, memperluas pasar, dan menjaga keamanan keuangan. Namun dibalik kemudahan yang disediakan, masih banyak UMKM yang memiliki keterbatasan pengetahuan dan pemahaman tentang literasi keuangan digital. Kurangnya keterampilan dalam menggunakan aplikasi keuangan dapat menjadi hambatan dalam mengelola keuangan secara digital. Dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM agar lebih mengetahui manfaat literasi keuangan digital. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian berupa penyuluhan dan pelatihan yang diberikan kepada para pelaku UMKM. Selama mengikuti kegiatan pengabdian, para pelaku UMKM sangat antusias. Hasil kegiatan pengabdian memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan manajemen keuangan bagi UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, W. C., Ningtiyas, W. P., & Nurdiyah, N. (2021). Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Journal of Government and Politics (JGOP), 3(1), 47-65. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JSIP/article/view/5354.

Arianto, B., & Sofyan, H. (2022). Peran Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM di Kota Serang Banten. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 6(2), 130-145.

Astuti, D. (2023). Keputusan Investasi di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-Faktornya. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=tt_QEAAAQBAJ

Cohen, M., & Nelson, C. (2011). Financial literacy: A step for clients towards financial inclusion. Global Microcredit Summit, 14(17), 1-34. https://citeseerx.ist.psu.edu/document?repid=rep1&type=pdf&doi=e4f4d1dabf914b1cb840e4fad67812d58d8889e3.

Damarsiwi, E. P. M., Susena, K. C., Hidayah, N. R., Febliansa, M. R., & Abi, Y. I. (2023). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Literasi Keuangan Digital bagi Ibu-ibu Rumah Tangga. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 53-60 https://jurnal.unived.ac.id/index.php/dehasenuntuknegeri/article/view/3551.

Effendi, L., & Nasution, M. I. P. (2022). Perilaku Transaksi Ekonomi Pengguna Media Sosial sebagai Dampak Perkembangan Ekonomi Digital. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 1(3), 162–165. https://doi.org/10.54371/jms.v1i3.212

Effendi, N., Priyono, A. F., Sapulette, M. S., & Dewi, V. I. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan Digital kepada Pengusaha Mikro di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 81–90. https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/12656

Kurniawan, D., Zusrony, E., & Kusumajaya, R. A. (2018). Analisa Persepsi Pengguna Layanan Payment Gateway Pada Financial Technology Dengan Metode Eucs. Jurnal Informa: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 1-5. https://informa.poltekindonusa.ac.id/index.php/informa/article/view/46.

Kusumawati, A. (2019). Mengenal dan Mengelola Keuangan: Panduan Lengkap Literasi Keuangan bagi Pemula. Jakarta: Penerbit Puspa Swara.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. American Economic Journal: Journal of Economic Literature, 52(1), 5-44.

Manan, Y. (2019). Sistem integrasi proteksi & manajemen resiko platform fintech peer to peer (p2p) lending dan payment gateway untuk meningkatkan akslerasi pertumbuhan UMKM 3.0. Ihtifaz, 2(1), 73. https:// doi.org/10.12928/ijiefb.v2i1.847

Melati, I. S., & Sehabuddin, A. (2020). Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana Umkm Intip Di Desa Nyatnyono Ungaran Semarang. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(3), 305-313. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/7762.

Pertiwi, U. M. (2014). Penerapan Financial Technology dan Peningkatan literasi keuangan Untuk Strategi Penguatan Bisnis UMKM di Kalimantan Barat. 365–376.

Purwanto, H., Yandri, D., & Yoga, M. P. (2022). Perkembangan dan dampak financial technology (fintech) terhadap perilaku manajemen keuangan di masyarakat. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(1), 80-91.

Rahmiyanti, S., & Arianto, B. (2023). Pendampingan Literasi Keuangan Digital Bagi UMKM Digital Di Kelurahan Tembong Kota Serang. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 158-167. https://www.academia.edu/download/105990620/362.pdf.

Soegoto, A. S., Lintong, D. N., Mintalangi, S. S., & Soeikromo, D. (2020). Meningkatkan Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Keuangan. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 141-148. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/5545.

Suarantalla, R., Aliyah, J., & Tryana, A. L. (2023). Melangkah ke Era Digital: Sosialisasi Literasi Keuangan untuk Transaksi Non Tunai. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 82-89. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/4417.

Susetyo, D. P., & Firmansyah, D. (2023). Literasi Ekonomi, Literasi Keuangan, Literasi Digital dan Perilaku Keuangan di Era Ekonomi Digital. Economics and Digital Business Review, 4(1), 261-279. https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/331.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Fitriani, Ferazona, S., Suyono, A., Saputra , R. E., & Defriona, B. (2024). Pentingnya Literasi Keuangan Digital Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 358–365. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.184

Issue

Section

Articles

Categories