Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Merancang Asesmen Digital
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.148Keywords:
asesmen digital, guru, instrumen evaluasi, peningkatan kompetensi, sekolah dasarAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan perancangan asesmen digital bagi guru Sekolah Dasar di Taman Pagelaran, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Topik pelatihan yang diberikan meliputi: Quizizz, Google form, Wordwall, Blooket, Quizlet, Quizmaker, Nearpod dan Kahoot. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi kegiatan secara luring dan daring. Dalam kegiatan pelatihan, peserta dibantu oleh LMS MOOCs yang dikembangkan oleh tim pelaksana dibawah naungan Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dibagi menjadi beberapa tahap, diantaranya: orientasi peserta dalam mengenal MOOCs (luring), penyampaian materi pengantar dan konsep dasar asesmen digital (daring secara sinkronus), belajar terstruktur (daring secara asinkronus) dan gelar hasil produk pelatihan (luring). Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan ini berupa meningkatnya kompetensi dan wawasan peserta (guru SDN Taman Pagelaran) dalam merancang instrumen asesmen digital. Guru-guru yang telah mengikuti pelatihan perancangan asesmen digital telah mampu mengimplementasikan materi yang didapat dalam proses pembelajaran. Antusiasme siswa yang tinggi terlihat dari hasil observasi dan wawancara Ketika guru mengimplementasikan produk yang dihasilkan setelah mengikuti program pelatihan. Pelatihan yang diberikan dapat melatih kreativitas guru dalam merancang berbagai instrumen untuk melakukan penilaian secara digital, serta mampu memotivasi siswa untuk lebih giat dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Konsep pembelajaran yang hangat, bersemangat dan menyenangkan dapat diwujudkan guru dengan mengimplementasikan ilmu yang didapat setelah mengikuti program pelatihan asesmen digital.
Downloads
References
Adedokun-Shittu, N. A., & Shittu, A. J. K. (2013). ICT impact Assessment Model: An Extension of the CIPP and the Kirkpatrick Models. International HETL Review, 3(12), 1–18.
Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136
Aji, B. S., Nurpitasari, E., Hanum, N. C., Akbar, A. A., & Bhakti, C. P. (2020). Pengembangan Asesmen Berbasis Teknologi untuk Keberlangsungan BK ditengah Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Daring IIBKIN 2020 “Penggunaan Asesmen Dan Tes Psikologi Dalam Bimbingan Dan Konseling Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru,” 98–103. http://conference.um.ac.id/index.php/bk3/article/view/313
Akraman, R., & Priyadi, Y. (2018). Pengukuran Kesadaran Keamanan Informasi dan Privasi Pada Pengguna Smartphone Android di Indonesia. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 02(1), 1–8.
Anggraini, W., Utami, A., Santi, P., & Gery, M. I. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Tematik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kelas III Di SDN Kebayoran Lama Utara 07 Pagi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8839
Ardiana, Nurazmi, & Ariana. (2021). Pelatihan Pengembangan Digital Assesment bagi Guru - guru di MTs Muhammadiyah Manddale Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Kepada Mayarakat Membangun Negeri, 5(2), 183–192. Aplikasi Web, digital Assessment, literasi digital, tes online
Arjaya, I. B. A. (2019). Penerapan Authentic Assessment Berbasis E-Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 8(2), 156–166. https://doi.org/10.36733/jsp.v8i2.174
Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., Miller-Ricci, M., & Rumble, M. (2012). Defining twenty-first century skills. In P. Griffin, B. McGaw, E. Care (Eds.) Assessment and teaching of 21st century skills. Springer.
Donal, D., & Arlizon, R. (2022). Pelatihan Melakukan Need Asesment Siswa Secara Online Pada Masa New Normal Covid-19. Aptekmas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 28–34. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/4222
Dwi, M. A., Afandi, & Astuti, I. (2023). Kompetensi Digital Guru Dalam Meningkatkan MInat Belajar. Akademika; Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 1–11. https://uia.e-journal.id/akademika/article/view/2459.
Handayani, R., & Wulandari, D. (2021). Modern Assessment dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21 dan Hambatan di Negara Berkembang. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 13. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1363
Hasanah, U., Edwita, & Januar, A. (2020). Pelatihan Pengembangan Digital Assesment Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kepulauan Seribu. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 338–346. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.448
Hentasmaka, D., & Sa’adah, L. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN ASESMEN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY ( ICT ). GERVASI; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 372–386.
Herlambang, A. E., & Yulia, H. (2022). Pelaksanaan Penilaian Daring di Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 109–117. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p109-117
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988
Isnaini, I., Sunimaryanti, S., & Andre, L. (2021). Assessment Principles and Practices Quality Assessments in A Digital Age. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(2), 287. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i2.112711
Kaimara, P., Poulimenou, S. M., Oikonomou, A., Deliyannis, I., & Plerou, A. (2019). Smartphones at Schools? Yes, Why not? European Journal of Engineering Research and Science, 1–6. https://doi.org/10.24018/ejers.2019.0.cie.1288
Kristiani, K., Sumiati, C., & Lanet, A. (2022). Implementasi Learning Management System sebagai Media Digital Asesment Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1721–1725. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.632
Kuncahyono, K., Suwandayani, B. I., & Muzakki, A. (2020). Aplikasi E-Test “That Quiz” sebagai Digitalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Indonesia Bangkok. Lectura ; Jurnal Pendidikan, 1(2), 1182–1192.
Muliani, M., Ginting, F. W., & Sakdiah, H. (2022). Pelatihan Asesmen Hasil Belajar Digital Terintegrasi Quizizz Dan Google Form Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa New Normal. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 316–322. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1165
Nasution, D. K., Manurung, Y. H., Arda, M., & ... (2022). Pelatihan Digital Assessment Berbasis Kahoot Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Daring (Online) Untuk Guru SMP Muhammadiyah 61 Medan. Ihsan: Jurnal …, 4(2). https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i2.10486
Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78–83.
Permatasari, S., Zulhafizh, Z., Septyanti, E., Mustika, T. P., Rasdana, O., Pernantah, P. S., & Rizka, M. (2023). Asesmen Digital berbasis Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2710–2714. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1737
Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., & Siahaan, P. (2020). The Digital Literacy of The First Semester Students in Physics Education. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 101–110. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i2.3293
Ross, S. R. P. J., Volz, V., Lancaster, M. K., & Divan, A. (2018). A generalizable framework for multi-scale auditing of digital learning provision in higher education. Online Learning Journal, 22(2), 249–270. https://doi.org/10.24059/olj.v22i2.1229
Salem, M. A., & Samad, Y. A. (2021). Implementasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Aplikasi Raport Digital (ARD) Di MTs Negeri Kota Kupang. SATESI: Jurnal Sains Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 79–84. https://doi.org/10.54259/satesi.v1i2.40
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.
Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600–4611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2909
Syarifuddin, A., & Setianingsih, R. (2013). Pengembangan Instrumen Bloom Digital Assessment ( Bda ) Pada Materi Pokok Lingkaran di Kelas VIII. Icts, 8.
Tlili, A., Huang, R., Chang, T. W., Nascimbeni, F., & Burgos, D. (2019). Open Educational Resources and practices in China: A systematic literature review. Sustainability (Switzerland), 11(18), 1–14. https://doi.org/10.3390/su11184867
Uno, H. B. (2013). Assessment Pembelajaran. Bumi Aksara.
Usman, M. R., Ilhamsyah, Satriani, S., Arriah, F., Ilhamuddin, Marup, & Khaerunnisa. (2022). Workshop Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital Sebagai Upaya Untuk Menaingkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 627–633. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/414
Vakil, A. (2019). the Evolution of Usage of Smartphone in Education. EDULEARN19 Proceedings, 1(July), 2052–2056. https://doi.org/10.21125/edulearn.2019.0558
William, D. (2011). Formative Assessment: Definitions And Relationships. Assessment for Learning: Origins and Antecedents, 2(2), 1–26. http://eprints.ioe.ac.uk/6806/1/Wiliam2011What2.pdf
Yolanda, D., Juhanda, A., & Nuranti, G. (2021). Profil Pelaksanaan Asesmen Secara Daring Dalam Menilai Penguasaan Konsep Dan Efikasi Diri Siswa SMA. Jurnal Biotek, 9(1), 113. https://doi.org/10.24252/jb.v9i1.20960
Yuan, L., & Powell, S. (2018). MOOCs and Open Education. Journal of Informatics and Computer Sciences, 11(1), 1–29. https://doi.org/10.4324/9781315751108-1
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2023 Zakirman, Dodi Sukmayadi, Rika Aprianti, Widiasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.