Sosialisasi Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Fitriyeni Universitas Islam Riau
  • Laili Rahmi Universitas Islam Riau
  • Fitriana Yolanda Universitas Islam Riau
  • Leny Julia Lingga Universitas Islam Riau
  • Siti Quratul Ain Universitas Islam Riau
  • Dea Mustika Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau
  • Syahriadi Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.145

Keywords:

assessment, kurikulum, merdeka

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk mengoptimalkan kurikulum yang ada. Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka menuntut guru untuk memahami dan mempelajari kurikulum merdeka. Masih banyak guru yang belum memahami secara teoretis dan praktis kebijakan pada kurikulum merdeka. Guru merasa kesulitan menerapkan kebijakan kurikulum merdeka di sekolah dan di kelas. Guru kesulitan dalam mengembangkan metode pembelajaran, dan assessment yang merujuk pada merdeka belajar. Pada kurikulum merdeka, sebelu memulai pembelajaran dituntut untuk melakukan assessmen awal pembelajaran, kemudian diikuti dengan assessment saat pembelajaran dan akhir pembelajaran. Dengan adanya perubahan tersebut membuat guru bingung dalam melaksanakan assessment tersebut. Adapun tujuan dalam kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman terhadap guru dalam melaksanakan assessmen sesuai dengan yang diharapkan pada kurikulum merdeka. Metode kegiatan pengabdian ini dengan memberikan materi dan membantu guru dalam merancang assessmen pada kurikulum merdeka. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan kompetensi pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka terutama pada assessment pembelajaran pada kurikulum merdeka. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan guru-guru terbantu dalam menghasilkan assessment di awal pembelajaran dan memberikan pemahaman terhadap assessment yang harus dilakukan pada saat pembelajaran dan diakhir pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Falah, N., & Ana. (2023). MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah Analisis Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(2), 13. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i2.8042

Febrianningsih, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3335–3344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4686

Fifani, N. A. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sd Kota Batusangkar. In dkk. Jurnal Pendas Mahakam (Vol. 8, Issue 1).

Gusmawan, D., & Herman, T. (2023). Persepsi Guru Matematika Terhadap Kemampuannya dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 83–92. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.7103

Ikayanti, A. D., & Sobri, M. (2023). Problematika Guru Pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sd Negeri 1 Ketangga. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 2548–6950.

Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2023). Analisis Kesiapan Guru SMP di Demak dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2683–2692.

Latip, E. A. (2019). Evaluasi pembelajaran (m. Diana, ed.; 1st ed., vol. 1). Puslitpen lp2m uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mustofa, P., & Mariati, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.

Nasution, S. W. (n.d.). Prosiding Pendidikan Dasar Url: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Nugroho, D., Febriantania, P., & Ridaningsih, I. (2023). A Sistematic Literature Review: Implementasi Asesmen Diagnostik pada Kurikulum Merdeka A Sistematic Literature Review : Implementasi Asesmen Diagnostik pada Kurikulum Merdeka. Journal of Islamic Education ANNABA, 9(2), 1–12.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahman, A. A., Pd Cut, M., Nasryah, E., & Pd, M. (2019). Evaluasi Pembelajaran. www.penerbituwais.com

Sunarni, & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal On Education, 05, 1613–1620.

Tanggur, F. S. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Pedesaan Pulau Sumba.

Windayanti, Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Edication, 06, 2056–2063.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Fitriyeni, Rahmi, L., Yolanda, F., Lingga, L. J., Ain, S. Q., Mustika, D., Dafit, F., & Syahriadi. (2024). Sosialisasi Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 236–242. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.145

Issue

Section

Articles

Categories