Penyusunan Kurikulum Operasional Berbasis Kearifan Lokal Wilayah Pesisir Melalui Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar Berbantuan Aplikasi Trello Untuk Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.139Keywords:
kurikulum merdeka, kearifan lokal, kosp, trello, wilayah pessisirAbstract
Tujuan dari pengabdian ini secara umum adalah mengembangkan kurikulum operasional yang relevan dengan kebutuhan dan potensi masyarakat pesisir. Secara khusus pengabdian ini bertujuan : (1) Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun dan mengembangkan kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP) sesuai prinsip Kurikulum Merdeka; (2) Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam optimalisasi Platform Merdeka Mengajar (PMM); (3) Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam optimalisasi aplikasi Trello dalam menyusun KOSP; dan (4) menghasilkan dokumen KOSP berbasis kearifan lokal wilayah pesisir yang valid sebagai pedoman bagi guru dalam percepatan IKM di SMK Negeri 12 Kolaka. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah metode pendampingan dan pelatihan. Hasil yang dicapai dalam PKM ini yakni : (1) 81% guru sudah memahami KOSP setelah pelaksanaan pendampingan; (2) sebesar 95,2% guru atau sebanyak 24 guru sudah paham dalam memanfaatkan akun belajar.id untuk mengakses dan optimalisasi PMM; (3) sebanyak 18 guru atau 71,4% memahami penggunaan aplikasi Trello untuk menyusun KOSP; dan (4) Dokumen KOSP berbasis Kearifan Lokal yang disusun valid dengan indeks Gregory sebesar 0,61 atau pada kategori validitas tinggi.
Downloads
References
Abdal, I., Rahman, M. H., & Janang, A. R. (2022). Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (Kosp) TK Berbasis Kearifan Lokal Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(21), 315-320.
Amalia, F., Rusdianto, D. S., Pradana, F., & Kurniawan, T. A. (2023). Pemanfaatan Website Trello dalam Menunjang Pembelajaran Kolaboratif di Lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 197-203.
Asroa, I., Susanti, H., & Fadriati, F. (2023). Kesiapan Sekolah terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SMPN 5 Padang Panjang). ISLAMIKA, 5(1), 126-137.
Bungai, J.,Rachmawati, L., & Nugroho, W. (2023). Pendampingan Guru SD Penggerak Palangka Raya Dalam Pembuatan Bahan Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Kearifan Lokal Lahan Gambut. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1274-1280.
Isnaini, E. (2022). Supervisi Klinis Pemanfaatan Pmm Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Modul Ajar Kelas IV SDN Sisir 01 Kecamatan Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 398-419.
Kemdikbudristek. (2023) Surat Edaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, Dan Teknologi Nomor 0574/H.H3/SK.02.01/2023 Tentang Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2023/2024: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1675738974_manage_file.pdf
Kemendikbudristek. (2021). Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 029/H/KU/2021 Tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pada Program Smk Pusat Keunggulan. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan.
Lutfiana, D. (2022). Penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310-319.
Muntatsiroh, A., & Hendriyani, S. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Memfasilitasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 3 Sijunjung. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(2), 100-106.
Partikasari, R., Haryono, M., Imran, R. F., Pebriani, E., & Oktasari, S. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Dan Penguatan P5 Bagi Guru Di Korwil I Bengkulu Utara. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 47-52.
Prabowo, D. A., Fathoni, M. Y., Toyib, R., & Sunardi, D. (2021). Sosialisasi aplikasi Merdeka Mengajar dan pengisian konten pembelajaran pada SMKN 3 Seluma untuk mendukung program SMK-PK Tahun 2021. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(2), 55-60.
Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian (panduan peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Parama.
Riesna, D. M. R., Pujianto, D. E., Efendi, A. J. I., Nugroho, B. A., & Saputra, D. I. S. (2023). Identifikasi Platform dan Faktor Sukses dalam Manajemen Proyek Teknologi Informasi. Jurnal Teknologi Riset Terapan, 1(1), 1-9.
Santika, I. W. E. (2022). Penguatan nilai-nilai kearifan lokal bali dalam membentuk profil pelajar pancasila. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 6182-6195.
Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan modul projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) menggunakan flip pdf profesional bagi guru sma negeri 1 tirawuta: persiapan implementasi kurikulum merdeka. In Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5.
Sumandya, I. W., Widayani, N. L. M. M., & Nugraha, I. N. B. S. (2022). Pkm. Komunitas Belajar Guru Matematika Kabupaten Badung Dalam Pelatihan Pemanfaatan Platfom Merdeka Mengajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 3(1),169–76.
Usamah, T. N. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Upaya Mengatasi Learning Loss Menuju Pendidikan Yang Berkompetensi Unggul. Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1).
Widayanti, R., Hapsari, I. N., Firmansyah, G., & Nurbayin, M. A. (2022). Kolaborasi dalam Metode Problem Base Learning Dengan Aplikasi Trello Studi Kasus_ Matakuliah E-Busniness Program Kampus Merdeka. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 8-15.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2023 I Gede Purwana Edi Saputra, Nur Ihsan Halil, La Ode Hasnuddin S. Sagala, La Ode Muh Idrus Hamid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.