Pendampingan Eksperimen Fisika Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Dengan Materi Fluida dan Kelistrikan
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.138Keywords:
eksperimen, fisika, sekolah menengah atasAbstract
Fisika merupakan ilmu yang mempelajari gejala alam sehingga sangat erat dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen sangat disarankan supaya peserta didik memiliki pengalaman langsung dalam mengkaji fenomena alam dan motivasi belajarnya bertambah. Akan tetapi, pembelajaran dengan metode eksperimen memiliki beberapa tantangan. Salah satunya adalah keterbatasan alat yang dimiliki sekolah pada topik tertentu. Program pengabdian ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas dan pendampingan eksperimen fisika, khususnya pada materi fluida dan kelistrikan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Melalui pendampingan eksperimen, diharapkan juga dapat menumbuhkan minat belajar fisika bagi peserta didik SMA. Langkah program pengabdian meliputi adalah analisis kebutuhan, koordinasi dan penentuan jadwal, persiapan alat dan modul eksperimen, pendampingan eksperimen, dan evaluasi. Para peserta didik didampingi melakukan eksperimen tentang fluida dan kelistrikan di Laboratorium Fisika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Program pengabdian ini menghasilkan beberapa modul eksperimen fisika yang dapat dipakai oleh peserta didik SMA. Melalui pendampingan oleh tim, peserta didik SMA dapat terlibat aktif dalam aktivitas eksperimen dan dapat memahami teori fisika dengan lebih baik. Di akhir kegiatan, peserta didik juga memberikan respon baik terhadap pelaksanaan eksperimen.
Downloads
References
Dinawati, N. C., Safitri, N., Yuluani, H., & Azizah, N. (2022). Pelaksanaan Praktikum Fisika Kelas X di SMK Muhammadiyah Palangka Raya. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 130–141.
Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H. (2017). Studi Pendahuluan Pada Upaya Pengembangan Laboratorium Virtual bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 140–145. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.250
Junaedi, M., Sunarno, W., & Cari. (2014). Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Dan Proyek Ditinjau Dari Aktivitas Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri, 3(3), 41–52.
Layuk, F. P. (2020). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(1), 32. https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.15283
Lee, M. C., & Sulaiman, F. (2018). The Effectiveness of Practical Work on Students’ Interest towards Learning Physics. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 7(8), 35–41. https://doi.org/10.15242/dirpub.hdir1217224
Lia Felizarda Freitas, M. (2023). Pentingnya Kegiatan Laboratorium (Praktikum) Di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Nacional Timor Lorosae (UNTL). MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA, 1(2), 79–85. https://doi.org/10.30822/magneton.v1i2.2469
Mahardika, I. K., Rofiqoh, A., & Supeno. (2012). Model Inkuiri Untuk Meningatkan Kemampuan Representasi Verbal Dan Matematis Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 165–171.
Murniati, R., Tandililing, E., & Hidayatullah, M. M. S. (2021). Analisis Kemampuan Multi Representasi Peserta Didik Pada Materi Usaha Di Madrasah Aliyah. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 14. https://doi.org/10.26418/jippf.v2i1.43883
Nichols, A. J., & Stephes, A. H. (2013). The Scientific Method and the Creative Process: Implications for K-6 Classroom. Journal for Learning through the Arts, 9(1), 1–12. https://pubs.aip.org/aip/acp/article/720748
Nurjumiati, N., Syahriani Yulianci, & Asriyadin, A. (2022). Pengaruh Model Inquiry Berbasis Literasi Numerasi Terhadap kemampuan Pemodelan Matematis dan Bahasa Simbolik Fisika. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 945–948. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.714
Pratidhina, E., Pujianto, & Sumardi, Y. (2019). Developing Computer Program as a Learning Resource on Gas Law Topics for High School Students. International Journal of Instruction, 12(2), 133–146. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1229a
Pratidhina, E., Untung, B., Wijaya, A., Anawati, B. D., Koswojo, J., & Vd, J. (2020). Pendampingan Eksperimen Fisika Bagi Siswa-Siswa SMA di Surabaya. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 78–85.
Pratiwi, U., Fatmaryanti, S. D., Darminto, B. P., & Akhdinirwanto, R. W. (2021). Asistensi Praktikum Fisika Materi Titik Berat untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX di MA Al Iman Bulus Kabupaten Purworejo. Surya Abdimas, 5(2), 170–176. https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.1032
Serway, R. A., & Jewet, J. W. (2015). Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics (9th ed.). Brooks Cole.
Tipler, P. A., & Mosca, G. (2020). Physics For Scientists And Engineers. W. H. Freeman and Company.
Trisna, S., & Rahmi, A. (2016). Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry pada Materi Fluida di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.21009/1.02102
Wahyuni, T. S., & Analita, R. N. (2017). Guided – inquiry laboratory experiments to improve students ’ analytical thinking skills. AIP Conference Proceedings, 1911.
Widiastuti, T., Pratiwi, U., Fatmaryanti, S. D., & Al Hakim, Y. (2022). Praktikum Pengukuran Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Lontar Physics Today, 1(1), 51–59. https://doi.org/10.26877/lpt.v1i1.10456
Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik (Saifudin Zhri Qudsy (ed.); 8th ed.). Pustaka Pelajar.
Zulirfan, Desmelinda, E., & Sudrajad, H. (2011). Pengembangan Perangkat Percobaan Momen Inersia dan Keseimbangan Benda Tegar Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Pendidikan, 2(2), 8–15.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2023 Elisabeth Pratidhina, Herwinarso, Tri Lestari, Anthony Wijaya, Jane Koswojo, Budijanto Untung, Sugimin Wahyu Winata, Yeremia Kristiawan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.